Buton Raya

Pilkades Serentak Digelar Usai Pilgub

Muhammad Ilyas Abibu

WAKATOBI – Jadwal pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada sedikitnya 21 desa, se-Kabupaten Wakatobi terpaksa diundur, hingga selesai pelaksanaan pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra pada Juni mendatang.

Awalnya telah disepakati antara DPRD bersama Pemda Wakatobi, Pilkades tahun ini digelar tanggal 8 April.

Namun Pemprov Sultra mengeluarkan surat imbauan pengunduran jadwal tertuju pada bupati/walikota wilayah Sultra.

Sehingga setelah dilakukan konsultasi ke Pemrov soal maksud dan tujuan himbauan dimaksud, maka Pilkades 2018 digelar setelah Pilgub tepatnya awal bulan Juli nanti.

“Setelah kita konsultasi dan dijelaskan Pemprov, Pilkades diundur bulan Juli. Pertimbangannya untuk menjaga stabilitas keamanan saat Pilgub nanti. Kalau dilaksanakan bersamaan kan takutnya tim kepala desa yang kalah akan meluapkan kekecewaannya saat Pilgub nanti, itu yang kita tidak inginkan terjadi,” jelas Sekda Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu, Selasa (6/2) diruangannya.

Soal hari maupun tanggal pelaksanaan, Ilyas sampaikan pihaknya bersama Deskpilkades segera melakukan rapat bersama gunaembahas hal itu.

“Besok kami akan rapat dengan Deskpilkades untuk menentukan hari dan tanggal pelaksanaannya. Setelah itu baru dikonsultasikan dengan DPRD untuk ditetapkan,” terangnya.

Mengenai SK beberapa pelaksana kepala desa yang akan segera berakhir, ia jelaskan akan diperpanjang selama tiga bulan hingga menjelang Pilkades.

“Ada lima desa yang dipimping pejabat pelaksana sementara, SKnya akan kita perpanjang tiga bulan lagi disesuaikan dengan pelaksanaan pilkades,”

Meski diundur, proses tahapan Pilkades tetap berjalan mulai dari pembentukan panitia di tiap desa dan hal lain yang berkaitan dengan itu. (*/a)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top