Rakyat Sultra Online

Sultra Raya

Musrenbang Prioritaskan Bangun Infrastruktur

WAKATOBI – Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi kembali melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Sekretaris Daerah bersama seluruh Kepala OPD, turun langsung menghadiri kegiatan yang diselenggarakan di tiap kecamatan se kabupaten Wakatobi.

Kegiatan dimulai dari pulau Binongko, dimana usulan Musrenbang hasil pramusrenbang dua Kecamatan yakni Binongko dan Togo Binongko. Dilanjutkan di dua kecamatan di Pulau Tomia, serta dua kecamatan lainnya di Pulau Kaledupa, serta berakhir di Pulau Wangiwangi.

Usulan masing-masing kecamatan yang dibacakan didominasi pembangunan infrastruktur.

Seperti halnya di Kecamatan Binongko, tujuh poin penting yang dipaparkan oleh Camat Binongko, Wa Hawida diantaranya, mengembangkan ekonomi yang berbasis kemaritiman, SDM, mengembangakan sosial, budaya, industri dan kreatif, pembangunan infrastruktur dasar hingga teknologi dan informasi serta lainnya.

Sama halnya dipaparkan Camat Tomia Timur, Muhammad Ramli. “infrastuktur juga menjadi usulan yang dinilai prioritas dan penting,” katanya.

Pihaknya pun mengapresiasi Pemda Wakatobi dalam melaksanakan pembangunan berdasarkan pola pendekatan Kepulauan.

“Pembangunan jalan, air bersih, Ruang Kelas Belajar (RKB), pembangunan jembatan, pembangunan tambatan perahu, peningkatan jalan penghubung hingga pembangunan talud dan jaringan komunikasi diharapkan bisa direalisasikan,” harapnya.

Dijelaskan, serapan anggaran selama tahun 2017 lalu untuk kecamatan Tomia Timur mencapai sekitar Rp 1 Miliar untuk pembangunan infrastruktur. Sehingga, diharapkan usulan masyarakat dalam Musrenbang tahun ini dapat direalisasi guna bisa meningkatkan infrastruktur yang telah ada sebelumnya.

“Saya ingin sampaikan bahwa pada tahun 2017 lalu, serapan anggaran di Kecamatan Tomia Timur baik kegiatan pemberdayaan, infrastruktur serta hal lainnya hampir capai Rp 1 triliun,” terangnya.

Sekda Wakatobi, Muh Ilyas Abibu menuturkan, usulan masyarakat sesuai hasil pramusrenbang tidak semua dijamin direalisasi sepenuhnya.

“Namun, untuk infrastruktur dinilai masih menjadi prioritas yang akan dikawal agar bisa direalisasikan pada tahun 2019 mendatang.
Seperti halnya pembangunan RKB dan jalan serta air bersih itu menjadi prioritas,” tutur Ilyas.

Musrenbang tingkat Kecamatan tahun ini diselenggarakan selama selama lima hari mulai tanggal 12 hingga 15 Maret pada delapan Kecamatan se Kabupaten Wakatobi.(p14/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top