Metropolis

RTOL Jokowi, Bangkitkan UMKM Masyarakat Wakatobi

KENDARI– Pelaku usaha di Kabupaten Wakatobi, terkhusus di Kecamatan Wangi-Wangi Selatan Desa Mola Nelayan Bakti, kini sudah mulai merambah dunia usaha dengan beraneka ragam khas yang dijual.

Banyaknya, pelaku usaha terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bangkit tidak lepas dari peran pemerintah.

Asrudin masyarakat setempat mengaku, melalui program Presiden Jokowi, Redistribusi Tanah Obyek Landerfrom (RTOL), ia dan beberapa rekannya mengajukan permohonan, kepada pemerintah untuk penerbitan sertifikat tanah yang mereka tempati.

Program RTOL tersebut mencakup beberapa item, termasuk mem back up masyarakat yang sudah mendapatkan sertifikat tanah punya akses atau bisa mengajukan agunan ke pihak bank untuk bantuan modal usaha.

“Alhamdulillah, saat ini kami sudah mendapat bantuan modal usaha. Dan yang jadi agunan itu sertifikat tanah kami,”ungkapnya.

Asrudin juga menuturkan, pasca sertifikat tanahnya diagunkan, dan modal usahanya bertambah, usaha yang dikelolanya sedikit demi sedikit mengalami kemajuan.

“Kalau dulu kan modal seadanya. Sekarang sudah dibantu pembiayaan lewat bank, maka untungnya juga semakin meningkat,”paparnya.

Bahkan, kata dia, melihat perkembangan usaha yang digelutinya semakin maju. Pihak bank bukan lagi menawarkan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang nominalnya terbatas hanya sampai Rp 25 juta. Akan tetapi usaha Asrudin, kini sudah masuk pada pembiayaan mikro yakni pembiayaannya sudah mencapai Rp 50 juta.

Pihak bank juga terangnya, memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang ingin meminjam modal usaha. Hanya dalam waktu sehari, kata dia, urusan dengan pihak Bank sudah selesai.

“Kalau pengurusannya di bank cukup mudah. Kami pelaku usaha kecil cepat dilayani. Bahkan saru hari sudah bisa cair bantuan pembiayaan dari BRI,”pungkasnya. (P3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top