Rakyat Sultra Online

Pilkada

Konsel Tetap Empat Dapil, Kursi Tak Bertambah

KENDARI – Daerah Pemilihan (Dapil), Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) untuk pemilihan calon legislatif 2019, sama sekali tidak mengalami perubahan. Bahkan tak satupun kecamatan yang bergeser ke dapil lain. Bukan hanya itu, alokasi kursi juga masih sama dengan Pilcaleg 2014 lalu yakni 35 kursi.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, sesuai dengan penetapan dapil oleh KPU RI, dapil Konsel dinyatakan tidak ada perubahan.

“Untuk dapil dan alokasi kursi Pilcaleg Konsel tahun 2019 tidak adea yang berubah. Semuanya sama seperti Pilcaleg 2014 lalu,”ungkapnya.

Sementar itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Konsel Jamhuri Karim yang dihubungi melalui telepon selulernya mengatakan, saat pembahasan penataan dapil beberapa waktu lalu, PKS khususnya memang menolak adanya pemekaran dapil.

Pasalnya, dapil dua yang dulunya dijatah 10 kursi, setelah pecah tinggal tiga kecamatan yakni, Angata, Benua, dan Basala dengan jatah 4 kursi. Sementara Kecamatan Ranomeeto, Ranomeeto Barat, Landono, Mowila, Sabulakoa, Konda, dan Wolasi digabung menjadi dapil 3 alokasi kursi 9.

“Jadi PKS dari awal sudah menyampaikan ke KPU. Bahwa pembagian dapil untuk Konsel belum memadai,”tuturnya, kemarin.

Selain itu, kata Jamhuri, meskipun Konsel saat ini sudah ada wacana pemekaran daerah Konawe Timur, akan tetapi penyusunan dapil dengan dalil pemekaran masih kurang tepat.

“Biarkan dulu proporsiaonal kursi ditatah dengan baik. Soal pemekaran itu pertimbangan yang cukup bagus, hanya untuk Konsel mungkin belum tepat,”pungkasnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top