Rakyat Sultra Online

Pilkada

ASN Sultra Masih Terlibat Politik Praktis

KENDARI– Keterlibatan Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam politik praktis, di bumi anoa masih cukup tinggi. Buktinya, dari data yang dipublikasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sultra pada 9 April 2018, sekitar 204 ASN dinyatakan atau diduga tidak netral dalam Pilkada alias terlibat dalam mendukung salah satu calon kepala daerah.

Ketua Bawaslu Sultra Hamiruddin Udu menyampaikan, ketidak netralan ASN, mungkin disebabkan karena lemahnya sanksi Komisi ASN, terhadap ASN yang terlibat dalam politik praktis.

“Boleh jadi, keteribatan ASN dalam politik praktis disebabkan lemahnya sanksi KASN dalam melakukan penindakan,”ungkapnya, Rabu (11/4).

Selain itu terangnya, ASN yang terlibat kemungkinan, ada potensi reward untuk dipromosikan karirnya bila pasangan calon yang didukungnya menang. Di satu sisi, kata dia, ketidak patuhan ASN menggambarkan bahwa masih rendahnya kepatuhan terhadap negara.

ASN lanjutnya, harus menjadi contoh kepatuhan hukum masyarakat kepada negara. Karena itu ujarnya, pihaknya berharap semua ASN yang ada di Sultra, memberi contoh yang baik kepada seluruh masyarakat

“Seharusnya kan ASN, jadi yang terdepan dalam memberikan contoh kepatuhan hukum kepada negara,”paparnya.

Sekedar informasi, dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sultra, ASN Kolaka tercatat sebagai pelanggar terbanyak atau sekira 43 kasus. Menyusul Kota Bau-Bau-Bau 34 kasus dan Konawe sekitar 33 ASN yang terlibat politik praktis.

Dari 204 kasus dugaan keterlibatan ASN, 96 persen kasus tersebut sudah direkomendasikan ke KASN.
“Kami sudah merekomendasikan 96 persen kasus keterlibatan ASN ke KASN,”pungkasnya. (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jalan Sehat 2018
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top