Rakyat Sultra Online

Pilkada

KPU Sultra Monitoring Penerbitan DPS

KENDARI– Data pemilih masih menjadi masalah serius, yang dihadapi penyelenggara pemilu setiap kali Pilkada dihelat.

Menurut Ketua KPU Sultra Hidayatullah, adanya temuan ketidak validan data pemilih, merupakan sinyal negatif bagi penyelenggara Pilkada, terkhusus untuk Pilgub Sultra dan tiga kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak, 27 Juni 2018 mendatang. Karena itu, kata Dayat, Daftar Pemilih Sementara (DPS) perlu diperbaiki secara seksama.

Pasalnya ujar dia, DPS merupakan tahap awal penentuan Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang akan digunakan sebagai database pemilih dan menjadi pusat perhatian dari Paslon dalam Pilkada.

Sekaligus tambah dia, DPS menjadi titik potensial untuk dijadikan bahan gugatan terhadap penyelenggara Pilkada. Sementara itu, masih adanya warga yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik, akan berdampak hilangnya hak pilih warga tersebut pada Pilkada 2018.

Saat ini tutur Dayat, perbaikan DPS terus digenjot dan dimonitor oleh KPU Sultra. Pihaknya juga, terus melakukan supervisi dan evaluasi terhadap KPU kabupaten/kota untuk menertibkan data DPS, agar valid dan akurat serta tidak ada lagi data error maupun ganda.

“Tentu saja kami di KPU Sultra, terus melakukan evaluasi dan monitoring agar DPS terus divalidkan datanya,”tuturnya, Rabu, (11/4). (p3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jalan Sehat 2018
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top