Rakyat Sultra Online

Metropolis

Perlindungan Guru Tak Masuk Daftar Raperda Kota Kendari

KENDARI – Badan Pembuatan Peraturan Daerah (Bamperda) kembali merancang peraturan daerah untuk dijadikan peraturan daerah (Perda). Sayangnya, dari daftar Raperda yang diajukan tiap fraksi di DPRD Kendari, Raperda terkait perlindungan guru tak masuk dalam daftar.

Ketua Bapemperda DPRD Kendari, La Ode Ali Akbar, menyatakan, perlindungan guru belum masuk dalam usulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda). Padahal, sebenarnya DPRD sendiri menginginkan agar hal itu bisa diusulkan dalam Perda tahun 2018 ini.

“Mengingat, pentingnya Perda tersebut. Karena ketika terjadi kasus pada saat melaksanakan tugas, guru tidak dapat dilindungi dengan dasar hukum yang jelas,” terang dia.

Apalagi, ungkap pria yang akrab dipanggil Iwan Kambara ini, guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Disayangkan, saat ini belum ada perlindungan bagi guru saat tersandung kasus hukum.

“Belum diusulkannya Perda perlindungan guru dikarenakan, terbatasnya kuota usulan Raperda bagi fraksi di DPRD Kendari. Dimana, saat ini pihaknya dibatasi dengan delapan Perda saja yang artinya setiap fraksi hanya bisa mengajukan satu Raperda,” jelas dia.

Bahkan, kata Iwan, sebenarnya pihaknya ingin mengusulkan hingga 20 Raperda, mengingat Kota Kendari masih banyak membutuhkan peraturan daerah. Terbatasnya jumlah usulan Raperda tersebut, jadi pihaknya memilih yang paling prioritas.

Adapun usulan Reperda yang ada diantaranya ialah, Raperda terkait biaya pelayanan dokumen pengadaan barang dan jasa, izin tinggal penduduk musiman, kota layak anak, pengembangan kota tangguh bencana, wisata halal, perlindungan hak – hak adat Kerajaan Laiwoi, dan hak – hak penyandang disabilitas di Kota Kendari.

Dirinya, berharap, pembahasan Raperda ini dapat selesai pada bulan Juni 2018 mendatang.(m2/p6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top