Probiz

Antam Tingkatkan Hilirisasi pada 2018

JAKARTA – 2018 ini, PT Aneka Tambang akan fokus mengembangkan pengembangan hilirisasi dengan membangun pabrik feronikel. Selain meningkatkan produksi di sisi hulu, Antam juga ingin menambah nilai tambah dari proses pertambangannya.

Direktur Utama PT Antam, Arie Prabowo Ariotedjo menjelaskan pabrik pengolahan feronikel di Halmahera Timur merupakan salah satu proyek yang dikerjakan Antam saat ini. Saat ini progres pembangunan sudah sebesar 38 persen dan ditargetkan akan selesai pada tahun depan.

“Pabrik ini akan mendukung total kapasitas produksi feronikel tahunan Antam menjadi 40.500 sampai 43.500 ton nikel dalam feronikel,” ujar Arie di Hotel Borobudur, Kamis (12/4).

Arie menjelaskan selain mengembangkan pabrik feronikel di Halmahera Timur tersebut, Antam juga sedang menyelesaikan pabrik smelter yang dibangun bersama induk holding Tambang, Inalum. Pembangunan pabrik Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) yang bekerja sama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum sebagai bentuk implementasi sinergi dalam Holding Industri Pertambangan.

“SGAR yang merupakan bahan baku pabrik aluminium, akan memiliki kapasitas produksi sebesar satu juta ton alumina per tahun untuk tahap satu. Sejalan dengan Antam memiliki cadangan Bauksit yang signifikan, maka menjadikan proyek SGAR ini strategis bagi kedua Perusahaan,” ujar Arie.

Pada 2018, Antam menetapkan target kenaikan produksi dan penjualan semua komoditas. Untuk feronikel, ditargetkan volume produksi sebesar 26 ribu TNI, meningkat 19 persen. Untuk komoditas emas, kenaikan penjualan emas ditargetkan menjadi 24 ribu kg, naik sekitar 81 persen dibandingkan capaian penjualan emas 2017 sebesar 13.202 kg. (rep)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top