Rakyat Sultra Online

Headline

Dirjen PI : Mahasiswa Harus Perluas Pengetahuan

KENDARI – IAIN Kendari terus menunjukkan peningkatannya, tak hanya pada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) saja, tetapi juga pada pengembangan infrastruktur kampus.

Hal itu terlihat dari kehadiaran Direktur Jenderal Pendidikan Islam RI, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin MA, meletakan batu pertama pembangunan Gedung Kuliah Terpadu IAIN Kendari, Kamis (12/4).

Kamaruddin mengungkapkan, infrastruktur yang dibangun IAIN Kendari diharapkan bisa mendukung mutu dan kualitas dari kampus biru tersebut.

Adapun dana yang dikeluarkan dalam membangun gedung kuliah ini ialah berjumlah Rp 38 miliar dan berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“SBSN sendiri adalah sumber dana negara selain dari APBN, kedepan kita berharap dana ini terus ada untuk IAIN Kendari khususnya dalam mengembangkan infrastruktur sebagai wujud dari upaya peningkatan SDM,” jelas dia.

SBSN ini, lanjut dia, juga diharapkan bisa mentransformasi infrastruktur kampus dan akan dikembangkan di tahun – tahun mendatang. Selain itu, pihaknya pun meminta kepada IAIN Kendari untuk bisa mengadaptasi kurikulum perguruan tinggi kelas dunia.

“Mahasiswa kita juga harus tahu dan membaca literatur pendidikan kelas dunia. Sehingga, biarpun alumni dari Sultra tetapi rasa kelas dunia. Mahasiswa juga jangan hanya menerima apa yang diberikan dosen tetapi cari tahulah sendiri sebagai langkah memperluas pengetahuan, apalagi sekarang ada internet manfaatkan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Sementara Rektor IAIN Kendari, Nur Alim, menuturkan, menjadikan IAIN Kendari sebagai kampus yang representatif adalah visi seluruh civitas akademika. Dalam pengembangannya, kampus ini tengah membina mahasiswa asing sebanyak 10 orang dari Thailand.

“Sebenarnya 12 orang, tetapi dua orangnya ada kendala sehingga dikembalikan ke negaranya. Tahun 2018 ini pun kita akan menambah lagi mahasiswa asing dari Philipina melalui kerjasama dengan KBRI. Sejauh ini kami sedang intens melakukan komunikasi aka hal tersebut,” kata dia.

Diketahui, gedung kuliah terpadu IAIN Kendari yang sedang dalam pembangunan, terdiri dari 49 ruang perkuliahan, empat ruang ujian, perpustakaan mini, radio kampus dan ruang kemahasiswaan.(m2/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top