Rakyat Sultra Online

Headline

Stok Beras di Bulog Sultra Aman Hingga Lepas Lebaran

KENDARI – Divisi Regional (Divre) Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Tenggara, menjamin ketersedian beras hingga selepas lebaran nanti.

Kepala Divre Bulog Sultra La Ode Amijaya Kamiluddin mengaku, stok mereka aman hingga tiga bulan ke depan. Meski demikian, Amijaya menolak menyebut jumlah stok beras saat ini.

“Beras kurang lebih bertahan sampai 3 bulan, April, Mei dan Juni. Sampai habis lebaran,” ungkap Amijaya, Kamis (12/4).

Amijaya menyebut, stok beras yang aman hingga tiga bulan ke depan adalah yang sementara dikuasai Bulog saat ini. Masih ada tambahan stok beras mengingat masa panen raya sudah dimulai.

“Ini yang baru kita kuasai sekarang. Belum pengadaan yang sementara berjalan,” jelasnya.

Dalam masa panen raya dua bulan ini, Bulog Sultra menargetkan 20 ribu ton yang dibeli langsung dari petani. Sejauh ini, Bulog telah membeli 1.000 ton beras.

“Sekarang baru mulai (panen). Mungkin dua sampai tiga minggu ke depan sudah masuk panen raya,” katanya.

Ia menyebut, daerah dengan penyuplai beras paling banyak di Sultra adalah wilayah daratan Sultra. Konawe dan Kolaka.

“Kebanyakan dari Kendari daratan, seperti Mekongga dan Konawe. Hampir semua daerah itu menyuplai beras kita,” sebutnya.

Saat ini, lanjut dia, kualitas beras sudah semakin membaik. Sebab, pemerintah terus menggenjot dan mengirimkan bantuan untuk mendukung peningkatan produksi beras.

“Karena kecanggihan mesin proses beras penggilingan sudah mulai bagus. Akhirnya berdampak pada kualitas yang masuk di bulog,” bebernya.

Beras yang diperoleh Bulog ini dibeli langsung dari petani dengan harga standar Rp 8.030 per kilogram. Khusus di pasaran, petani menjualnya hingga Rp 8.100 sampai Rp 8.200 perkilonya. (m4/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jalan Sehat 2018
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top