Pendidikan

UNBK SMA Berjalan Lancar

KENDARI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), yang dilaksanakan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasyah Aliyah (MA) se Sultra berjalan lancar dan terkendali. Meskipun ada beberapa kendala teknis, baik jaringan maupun kondisi listrik yang terjadi di kabupaten, namun tidak berakhibat fatal.

Kadis Dikbud Sultra, H Damsid bersyukur pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA dan SMK se Sultra berjalan lancar dan baik.”Secara umum alhamdulillah berjalan sangat baik dan lancar. Ini juga berkat dukungan semua pihak dan kerjasama yang baik dari sekolah maupun PLN dan telkom,” katanya saat di temui di kantor gubernur, Selasa (17/4)

Meskipun demikian, mantan Dekan Fisip UHO ini tidak menampik adanya kendala dilapangan baik listrik maupun jaringan. “Ada memang, daerah yang listriknya belum stabil dan jaringannya. Tapi hanya jeda waktu saja. Alhamdulillah tetap lancar meskipun agak terlambat,” tuturnya.

Sementara, terkait standar kelulusan yang sudah ditetapkan pusat memungkinkan untuk siswa dan siswi bisa mengulangi jika nilai yang dihasilkan pada saat UNBK tidak mencukupi dengan ujian susulan.

” Ujian kelulusan lebih dikaitkan dengan ujian sekolah sementara untuk UNBK tidak ada kaitanya dengan kelulusan hanya terkait pemetaan,” katanya.

Hingga saat UNBK dilaksanakan tidak ada siswa maupun siswi yang dilaporkan pihak sekolah tidak mengikuti UNBK dari yang dilaporkan 35 ribu lebih siswa semua mengikuti dan untuk tingkat kesulitan dari soal diyakininya bisa diselesaikan dengan baik oleh peserta UNBK.

” Soal USBN 25 persen dari pusat dan sisanya merupakan kurikulum yang sudah diajarkan oleh guru,” tambahnya.

Damsid juga berharap, agar sekolah yang berada diKota Kendari maupun yang berada di kabupaten kedepan bisa melaksanakan UNBK minimal 80 hingga 90 persen

“Kita memang mendorong agar semua sekolah bisa melaksanakan UNBK dan kami juga minta bantuan dari pusat kemudian memprogramkan secara bertahap agar sekolah yang belum melaksanakan UNBK pada tahun tahun depan bisa melaksanakan,” tutupnya.

Data Dikbud Sultra mencatat sekira 20.933 siswa SMA/MA di 15 kabupaten dan kota mengikuti UNBK terdiri dari sekolah negeri sebanyak 18.542 peserta dan swasta 2.391 siswa. Jumlah 20.933 peserta UNBK itu dari 129 SMA dan 46 MA baik negeri maupun swasta, minus Kabupaten Butur dan Konawe Kepulauan (Konkep). Sementara untuk SMK sebanyak 9.462 siswa.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top