Metropolis

TNA: Urgen, Penanaman Etika Generasi Muda

KENDARI – Anggota MPR/DPR RI terus mengintensifkan sosialisasi 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Seluruh elemen masyarakat Indonesia tersentuh sosialisasi melalui para legislator di daerah pemilihan.

Di Sulawesi Tenggara, dari lima anggota MPR/DPR RI, Hj Tina Nur Alam adalah dewan yang getol menanamkan nilai-nilai pilar bangsa ke masyarakat dengan sasaran utamanya adalah generasi muda melalui pelajar SMA. Seperti yang dilakukan di SMAN 7 Kendari, Kamis (19/4).

Pada kesempatan sosialisasi ini, lebih 300 siswa dan guru SMAN 7 Kendari mendapatkan “siraman” pengetahuan mengenai nilai, pesan, dan makna yang terkandung dalam pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Yang paling urgen dan paling butuh implementasi secara maksimal adalah nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Minimal dimulai dari lingkungan keluarga, lalu ke lingkungan tempat tinggal, dan kemudian bisa diimplementasikan pada lingkungan masyarakat. Generasi muda kita harus paham itu,” katanya.

Menurut Tina, etika ketimuran, saling hormat-menghormati, toleransi, gotong royong, atau asas kesamaan dalam perbedaan yang terkandung dalam pilar-pilar bangsa harus selalu diingatkan ke masyarakat.

“Etika ketimuran kita yang penuh sopan santun saat ini kesannya jauh terkikis,” ujar TNA.

Oleh karena itu, lanjut Tina, MPR RI akan terus memaksimalkan sosialisasi empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Baginya, nilai-nilai yang disebutkannya itu menjadi salah satu pemantik harmonisasi kehidupan kebangsaan.

“Masuknya budaya barat juga harus diimbangi dengan kecintaan terhadap budaya sendiri (Indonesia, Sulawesi Tenggara, red). Pelajar seperti ini harus secara dini mengenal kebudayaan Indonesia dengan keragamannya. Tari-tarian dan kuliner adalah contoh kecilnya,” tambah legislator PAN tersebut.

Dia berharap melalui kegiatan ini, siswa-siswi SMA makin melek dengan pemahaman moral/attitude. Sebab itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat saat ini.

Sementara itu, Kepala SMAN 7 Kendari, Abu Bakar, mengaku kehadiran sosialisasi 4 pilar bangsa di lingkungan sekolah sangat efektif membangun kerangka perpikir siswa mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi anggota DPR RI yang berkenan hadir menyampaikan materi kebangsaan ini,” ungkapnya.

Di akhir sosialisasi, TNA pun membagi buku 4 pilar kebangsaan pada seluruh siswa. Dibarengi games edukatif. (alp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top