Rakyat Sultra Online

Headline

Al Ath Thuur dan Nadia Eka Sari Jadi Duta Bahasa Sultra 2018

KENDARI – Al Ath Thuur Joerahman dan Nadia Eka Sari akhirnya dinobatkan sebagai Duta Bahasa Sulawesi Tenggara (Sultra) 2018, setelah menjadi yang terbaik pertama pada ajang Pemilihan Duta Bahasa (Dubas) Sultra, di Grand Clarion Hotel Kendari, Jumat malam (20/4).

Al Ath Thuur Joerahman merupakan, pria 22 tahun asal Kabupaten Buton, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang saat ini menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sedangkan, Nadia Eka Sari merupakan alumni Fakuktas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidayan) Kota Bau-bau yang kesehariannya bekerja sebagai guru les Bahasa Inggris disalah satu tempat kursus di Sultra.

Saat dimintai keterangan, Al Ath Thuur Joerahman mengaku sangat gembira, tidak menyangka dirinya menjadi terbaik pertama putra. Apalagi, memang peserta lainnya memiliki kemampuan yang tidak bisa diragukan lagi. Selaku terbaik pertama, ia sudah menyiapkan beberapa program kerja, sekaligus melanjutkan program literasi ceria Duta Bahasa tahu lalu.

“Program kedepan, saya akan melanjutkan program literasi ceria, program literasi Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang sudah ada sebelumnya. Sekaligus, membahas program-program kerja Duta Bahasa Sultra 2018 bersama 31 finalis lainnya,” ujar Al Ath Thuur usai dinobatkan sebagai terbaik pertama Dubas Sultra 2018.

Terkait, persiapan mengikuti pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional, ia mengaku bakal mempersiapkannya mulai dari sekarang. Pasalnya, pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional akan dilaksakan tahun ini.

“Perlu persiapan terlebih dahulu, terutama dalam penguasaan bahasa asing dan program yang saya akan buat harus dilaksanakan juga,” ucapnya.

Selain itu, Nadia Eka Sari selaku terbaik putri, juga tidak menyangka bisa menjadi juara dan bertekad melaksanakan program-program prioritas Kantor Bahasa.

“Sebenarnya di Duta Bahasa sudah banyak program dan dari Kantor Bahasa juga sudah ada program priotitas. Jadi, selaku Duta Bahasa, saya akan bekerjasama dengan Kantor Bahasa untuk melaksanakan program-program prioritasnya. Tentunya bagaimana mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing,” ungkap Nadia.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Sultra, Dr Sandra Safitry Hanan MA, mengatakan, Duta Bahasa merupakan perpanjangan tangan dari Kantor Bahasa ke generasi muda dalam menjalankan tugas dan fungsi dari Kantor Bahasa Sultra dalam pemasyarakatan dan pengembangan bahasa.

“Jadi, pemasyarakatan dan pengembangan bahasa itu tidak hanya di Kantor Bahasa Sultra, karena di Badan Bahasa ada tingkat nasional. Setiap provinsi ada UPT bahasanya yang melakukan pemilihan Duta Bahasa tingkat provinsi. Terlebih lagi di Era milenial ini, mereka harus siap dalam pengembangan literasi melalui ide-ide kreatif, ” jelasnya.

Artinya, lanjut Dr Sandra, pengembangkan literasi tidak hanya diartikan sebagai baca tulis saja. Melainkan para Duta Bahasa harus lebih kreatif, bisa memanfaatkan dunia digital dan literasi visiual, melalui ide-ide cemerlang yang dimiliki.

Diakhir wawancara, dirinya berharap sepasang Duta Bahasa Sultra 2018 bisa membawa kemenangan bagi Sultra diajang pemilihan Duta Bahasa tingkat nasional. Pasalnnya, selama pergelarannya Sultra hanya mampu masuk di enam besar.

“Kami berharap mereka bisa juara, karena baru sekali kita masuk enam besar. Kita menginginkan mereka bisa seperti SMAN 1 Kendari yang berhasil menyabet juara pertama lomba musikalisasi puisi tingkat nasional baru-baru ini,” pungkasnya. (p11/put)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top