Rakyat Sultra Online

Pendidikan

IAIN Kendari Siap Jadi Tujuan Akademik Internasional

KENDARI – Rayakan milad ke – 51, IAIN Kendari terus berbenah dalam mewujudkan visi misi kedepan sebagai perguruan tinggi yang siap berdaya saing, unggul, dan menjadi tujuan pendidikan akademik internasional di masa akan datang. Ini diungkapkan, Rektor IAIN Kendari, Nur Alim, saat ditemui usai mengikuti jalan santai sebagai rangkaian dari milad perguruan tinggi Islam di Sultra ini.

“Selain jalan santai, kami juga telah melakukan berbagai kegiatan seperti Hijrah Day bekerjasama dengan Harian Rakyat Sultra, dimana pada kegiatan tersebut memberi motivasi kepada diri mahasiswa IAIN Kendari, dengan menghadirkan penulis buku Hijrah Ekstrem, Mirani Mauliza dan Mustahil Miskin, ust Luqmanulhakim,” terangnya, Minggu (22/4).

Lomba antar mahasiswa yang digelar yakni lomba penalaran, bakat, minat, seminar, kegiatan ilmiah, dan peletakan batu pertama gedung kuliah terpadu IAIN Kendari, serta peresmian gedung pascasarjana oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam RI, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin MA.

“Adapun puncak milad IAIN Kendari ialah pada, 28 April 2018 dengan menggelar sidang senat terbuka yang dirangkaikan dengan pelantikan guru besar,” terangnya.

Nur Alim, menambahkan, bahwa jalan santai kali ini bisa dikatakan sebagai jalan santai dengan skala nasional karena menghadirkan direktur pascasarjana dari seluruh perguruan tinggi agama Islam negeri se- Indonesia mulai dari Lhoksumawe hingga Papua yang berjumlah 48 orang.

“ini pun menjadi milad terakhir saya sebagai rektor di IAIN Kendari periode 2014 – 2018, karena kedepan akan terjadi pergantian. Diharapkan siapapun yang menjadi rektor nantinya mampu membawa IAIN Kendari sebagai perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Sultra dan menjadi lebih baik dan meningkat dibanding sebelumnya,” katanya.

Sementara, Direktur Pascasarjana UIN Walisongo Semarang, Prof Dr H Ahmad Rofiq MA, yang juga hadir di jalan santai tersebut, mengucapkan selamat atas milad ke – 51 kepada IAIN Kendari.

“Kami memberi apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan IAIN kendari bisa melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi, dan keunggulan kompetitif berdaya saing dengan alumni perguruan tinggi lain,” ucapnya.

Tidak hanya menjadi tujuan pendidikan akademik internasional di masa akan datang, IAIN Kendari juga memiliki target untuk bisa menjadi Universitas Islam Negeri, untuk itu Ahmad Rofiq, berpesan, agar pihak kampus dapat menyiapkan segala sesuatunya.

“Seperti, menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang punya keunggulan, dan bisa melahirkan generasi – generasi dengan komitmen keislaman kebangsaan. Karena, dirinya melihat banyak mahasiswi yang bercadar, tentu itu menjadi tantangan tersendiri dalam rangka menginternasionalisasi model keislaman dan keindonesiaan,” tandasnya.(m2/hum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top