Rakyat Sultra Online

Sultra Raya

Pj Gubernur Buka Halo Sultra 2018

KENDARI – Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berumur 54 tahun. Hari Jadi provinsi dengan 15 kabupaten dan dua kota ini, akan dibuka pada Senin, 23 April oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sultra H Teguh Setyabudi di panggung utama Pelataran MTQ.

HUT Sultra yang kerap disebut Halo Sultra, tahun ini mengangkat tema, “Dengan Semangat HUT Sultra ke 54 Tahun 2018 Kita Wujudkan Persatuan Masyarakat Sultra”. Momentum Hari Jadi ini, menurut Pj Gubernur Teguh menjadi moment untuk berbenah bagi semua element terutama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Terbentuknya Sultra yang sudah berumur lebih setengah abad itu, tentunya banyak perubahan dibandingkan saat menjadi provinsi pertama kalinya. Pergantian kepemimpinan dengan segala dinamika pemerintahan mewarnai segala sisi kehidupan di Sultra.

Peringatan Halo Sultra menjadi moment refleksi daerah dan pemerintahan dalam rangka mewujudkan Bumi Anoa lebih baik dimata daerah lain maupun negara dan dunia.

“Ajang Halo Sultra tahun ini adalah bagian dari pemerintah daerah untuk terus berbenah guna mewujudkan Sultra lebih baik,” katanya belum lama ini.

Tepisah, Kadis Pariwisata Sultra Syahruddin Nurdin menuturkan perayaan Halo Sultra akan dibuka langsung Pj Gubernur Sultra H Teguh Setyabudi di pelataran Tugu MTQ, Senin (23/4) malam. Rangkaian acara seremoni pembukaan akan mendengarkan sambutan perwakilan Menteri Pariwisata selanjutnya sambutan gubernur sekaligus membuka perayaan HUT Sultra.

Pada perayaan HUT Sultra, akan menampilkan beberapa event yakni Sultra Tenun Karnaval, Pagelaran Budaya Daerah, Ekspo Pembangunan, Forum Bisnis Wisata, Lomba Fotografi Profesional, Pemilihan Putri Pariwisata, dan Festival Kuliner.

Pada lomba foto, Syahruddin menyebutkan ada 30 peserta berasal dari Jogja (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Palu (Sulteng), Makassar (Sulsel), Jakarta, Malang (Jawa Timur) dan Papua Barat. Begitu juga dengan Sultra yang ikut berpartisipasi.

Secara rinci, fotografer asal Sultra sebanyak 13 orang, Sulsel sebanyak 8 orang, DKI Jakarta 3 orang, Jawa Barat 1 0rang, Jawa Timur 1 orang, Papua Barat 1 orang, Sulteng 1 orang, dan DIY 1 orang.

“Mereka telah memulai pengambilan foto pada 22 April dengan lokasi utama pulau Labengki Konawe Utara. kemudian moment kedua, para fotografer profesional melakukan pengambilan foto pada kegiatan Sultra Tenun Karnaval pada 24 April,” bebernya.

Forum Bisnis Pariwisata yang dihadiri sebanyak 20 perwakilan dari organisasi bisnis dari keenam provinsi tersebut yakni Provinsi DKI Jakarta, Bali, Makassar, Bandung, DIY dan Kepri.

Khusus ekspo, pihaknya telah menyiapkan 120 stand pameran baik untuk, SKPD, instansi vertikal, maupun TNI, Polri serta BUMN dan BUMD.

Untuk kegiatan Sultra Tenun Karnaval , mantan Karo Ortala ini menyebutkan ada tiga kategori yakni kategori A, B dan C. Kategori A ada sebanyak 23 grup yang terdiri dari TNI , Polri, BUMN, BUMD, serta jajaran SKPD Provinsi Sultra dengan total peserta 690 orang. Untuk kategori B, semua pelaku industri berjumlah 10 grup dengan peserta 250 orang.

Sedangkan untuk grup C bersisi semua jajaran pemerintah kabupaten kota se Sultra berjumlah 2.550. “Sehingga total peserta Sultra Tenun Karnaval yang akan memeriahkan HUT Sultra nanti sebanyak 3.400 orang sebanyak 50 grup,” rincinya.

Agenda lainnya yakni festival kuliner akan diikuti 17 kabupaten kota dan lima instansi vertikal. Selain itu lomba foto nasional dari 400 peserta dari 18 provinsi, tinggal 30 peserta dari delapan provinsi.

“Kami berharap semua masyarakat Sultra bisa menikmati apa yang pemerintah daerah sajikan dalam HUT Sultra. Selain itu, bisa terlibat langsung di dalamnya. Khusus para wisatawan baik lokal maupun manca negara bisa ikut serta dalam acara dan mempromosikan budaya Sultra secara luas,” harapnya (efn/hum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top