Rakyat Sultra Online

Probiz

BI Galakan Penukaran Uang Lusuh

KENDARI – Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Bidang Sistem Pemberdayaan dan Manajemen Intern, LM Bachtiar Zaadi mengatakan, pihaknya terus menggalakan penukaran uang lusuh di pasar-pasar tradisional Kota Kendari.

“Untuk mengoptimalkan gerakan penukaran uang lusuh tersebut, kami secara intens menyasar pasar-pasar tradisional di Kendari. Baru-baru ini, kami melayani penukaran uang lusuh di pasar sentral kota lama dan pasar pelelangan ikan,” ungkap Bachtiar saat ditemui di kantornya, Senin (23/4).

Dia menuturkan, tujuan gerakan tersebut untuk memastikan bahwa uang yang beredar di masyarakat adalah uang yang layak edar. Olehnya itu, BI Perwakilan Sultra turun langsung ke pasar rakyat untuk melayani penukaran uang lusuh.

“Kami turun langsung di lapangan dalam melayani penukaran uang lusuh kepada masyarakat pedagang pasar,” ujar Bachtiar.

Selain itu, katanya, BI juga memberikan edukasi kepada masyarakat dalam memperlakukan uang rupiah dengan baik. “Memperlakukan uang rupiah dengan baik yakni dengan menerapkan lima jangan yaitu jangan dibasahi, jangan dilipat, jangan disteples, jangan diremas dan jangan dicoret-coret,” ucapnya.

Dia berharap supaya masyarakat juga peduli terhadap uang rupiah sehingga kualitas uang jadi lebih baik karena uang kita adalah simbol bagi negara.

“Untuk melayani penukaran uang tersebut, kami menyediakan sebesar Rp500 juta. Mulai pecahan 20 ribu sampai pecahan yang terkecil. Dan untuk penukaran uang semua bank itu melayani penukaran uang jadi masyarakat bisa langsung kebank setiap saat yang lebih terdekat dengan lokasinya itu bisa dilakukan,” tutupnya. (p9/b/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top