Metropolis

IZI Luncurkan Program Booking Berkah Ramadan

KENDARI – Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) meluncurkan sebuah program Booking Berkah Ramadhan dengan tagline “Siapkan, Sediakan, Salurkan”.

Ramli selaku Kepala Perwakilan IZI Sultra, mengatakan, program tersebut merupakan upaya IZI mengajak masyarakat untuk membooking lebih awal pahala berkah bulan ramadhan, dengan bentuk menyiapkan dan menyediakan kebutuhan jasmani rohani kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu.

“Program ini akan diadakan di tiga kategori titik yakni terluar, termiskin dan tertinggal. Secara nasional ada wilayah utama yang dijadikan lokasi pemyaluran ZIS diantaranya, Sorong Papua Barat, Nunukan Kalimantan Utara (Kaltara), Singkawang Kalimantan Barat (Kalbar), Mulyaharja Bogor Selatan, Kalibaru Jakarta Utara dan Bantar Gebang Bekasi,” ujar Ramli saat menyambangi Kantor Harian Rakyat Sultra, Senin malam (23/4).

Namun, sambung Ramli, IZI tetap akan meyalurkan di 17 Kantor Perwakilan seluruh Indonesia yang meliputi, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan (Sumsel), Lampung, Banten. Kemudian, Jabodetabek, Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), D.I. Yogyakarta, Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Utara (Kaltara), Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Selatan (Kalsel), Sulawesi Selatan (Sulsel) dan termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ramli menuturkan, khusus di Sulawesi Tenggara, IZI perwakilan Sultra menargetkan ada dua lokasi yang menjadi wilayah penyaluran Program Booking Berkah Ramadhan yakni Desa Tampano, Kecamatan Pasir Putih Kabupaten Muna dan Kampung Baru Kelurahan Punggaloba Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

“Ini sudah di assessment oleh teman-teman tim Program IZI. Di dua lokasi ini Insya Allah akan melaksanakan program berupa pemberian paket ramadhan, ifotor bersama, penyaluran paket fitrah dan fidyah serta pengiriman satu orang dai selama bulan ramadhan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka selama bulan ramadhan,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Ramli, pihaknya juga menargetkan maksimalisasi penghimpunan zakat (zakat fitrah dan zakat maal), infaq dan sadaqah dibulan ramadhan 1439 H dengan mengahadirkan mitra di 14 Kabupaten Kota yang ada di Sultra. “Selain fokus di penghimpunan ZIS, kami juga fokus menyalurkan program ramadhan dengan target penerima manfaat atau yang akan diberikan bantuan sebanyak 506 jiwa, dimana penerima manfaatnya itu sesuai asnaf zakat, seperti kaum fakir dan miskin, amil (pengelola zakat), muallaf, para budak, gharimin (orang yang terlilit hutang), fii sabilillah dan terakhir ibnu sabil,” pungkasnya. (p11/p3/alp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top