Rakyat Sultra Online

Sultra Raya

Teguh Kagum dengan Kekayaan Budaya Sultra

Teguh Kagum dengan Kekayaan Budaya Sultra

KENDARI – Sultra Tenun Karnaval menjadi salah satu bagian dari rangkaian Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) Sultra ke 54 yang dilaksanakan di Pelataran MTQ, Selasa (24/4).

Kegiatan tersebut dilepas Pj Sekda Provinsi Sultra Hj Isma di pelataran SSDC Tugu MTQ dan diterima di panggung utama depan Taman Kota Kendari oleh Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi.

Pj Gubernur Sultra Teguh mengagumi pagelaran Sultra Tenun Karnaval yang masuk dalam rangkaian Halo Sultra ke XI. Banyaknya keragaman budaya dan keunikan adat istiadat Sultra sesuai dengan tema dan daerahnya masing-masing, menunjukan kekayaan budaya Bumi Anoa.

Apalagi didukung dengan penampilan masyarakat yang menggunakan baju adat dan menampilkan adat khas daerahnya masing-masing, sangat diapresiasi.

“Tentunya karnaval ini sangat bagus dan harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Namun, Teguh berharap kegiatan Sultra Tenun Karnaval diadakan setiap tahun, bukan hanya akan jadi agenda seremoni biasa dan jadi bagian eforia biasa, namun memiliki makna tersendiri bagi daerah.

“Artinya jangan hanya jadi eforia biasa, tapi bisa mencontoh karnaval-karnaval yang sudah besar, seperti festival karnaval budaya di Jember,” harapnya.

Dalam Sultra Tenun Karnaval diramaikan oleh 55 grup dengan total peserta sebanyak 3.635 peserta, dengan rincian 17 kabupaten kota sebanyak 2.550 peserta, industri pariwisata dan komunitas kreatif sebanyak 13 grup dengan 335 peserta dan TNI Polri serta BUMN dan intansi pemerintah sebanyak 25 grup dengan peserta sebanyak 750.

Para peserta menampilkan sesuai dengan kreativitasnya masing-masing. Dengan menampilkan keunikan, keuanggulan serta adat istiadat dan budaya daerah masing-masing.

Hadir Anggota DPR RI Tina Nur Alam, sejumlah tokoh masyarakat dan para bupati 17 kabupaten kota se Sultra. (efn/hum)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top