Muna Raya

Giliran Kecamatan Wakorsel Jadi Sasaran Disdukcapil

RAHA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dikdukcapil) Kabupaten Muna terus menyasar sejumlah wilayah di Muna untuk melakukan perekaman data kependudukan. Teranyar, Kecamatan Wakorumba Selatan (Wakorsel) sebagai sasaran dalam kegiatan pelayanan keliling pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Selama sepekan, mulai Senin (9/4) hingga Sabtu (14/4), petugas Disdukcapil Muna membuka pelayanan secara terbuka bagi seluruh masyarakat Wakorsel yang hendak melakukan pengurusan dokumen administrasi kependudukan, seperti Kartu Keluarga, akte kelahiran, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan lain-lain.

Kepala Dinas Dikdukcapil Muna, Abdul Munir, SH menandaskan bahwa sistim pelayanan keliling ini sengaja dilakukan untuk memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen administrasi kependudukan, terutama masyarakat yang memiliki akses yang jauh dari Kantor Disdukcapil Muna. “Kita gunakan sistim pelayanan jemput bola di lapangan, karena masih ada sekitar 32 ribu warga Kabupaten Muna yang belum melakukan perekaman secara elektronik,”ungkapnya.

Baca Juga:
1.  Roslina Jabat Plt Kadisdukcapil
2.  Surunuddin Minta Disdukcapil Optimal Melayani

Pelayanan ini kata Munir diberikan kepada seluruh masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, KK dan KTP elektronik.

“Masyarakat yang belum memiliki KK, KTP dan Kartu Keluarga, kita langsung layani di tempat, mereka tak perlu jauh-jauh lagi datang ke kantor untuk mengurus dokumen kependudukannya,” kata Abdul Munir.

Pelayanan ini kata dia tak hanya dilakukan di Kecamatan Wakorsel, namun tahun ini pihaknya sudah melakukan pelayanan di Kecamatan Towea dan Marobo. Kegiatan ini selanjutnya akan dilaksanakan di kecamatan lainnya hingga menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Muna. “Pelaksanaan kegiatan ini targetnya 22 kecamatan, tapi kita akan laksanakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan anggaran yang kita miliki,” jelasnya. (sra/aji)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top