Rakyat Sultra Online

Headline

Cegah Aksi Teror Terjadi di Daerah, Pj Gubernur: Ambil Langkah yang Diperlukan

KENDARI – Terkait aksi teror yang terus muncul di sejumlah lokasi, khususnya di daerah Jawa dan Sumatera belakangan ini, Pemerintah Provinsi Sultra mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tetap waspada menjaga daerah masing-masing, sehingga kejadian tersebut tidak terjadi di Provinsi Sultra.

Pj Gubernur Sultra Teguh Setyabudi juga meminta kepada seluruh kepala daerah (bupati/walikota) untuk tetap berkoordinasi dan melibatkan seluruh komponen di daerahnya. dalam menjaga keamanan dan kerukunan umat beragama.

Menurutnya, seluruh komponen harus saling membantu dan tetap waspada, serta bersatu memerangi aksi teror.

“Jajaran forkompinda Sultra telah intens membahas, semua komponen saling memperhatikan dan mengantisipasi semua itu,”

Bahkan tegasnya, dirinya juga meminta kepada para kepala daerah untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, guna memastikan daerah terhindar dari aksi teror.

“Saya sudah menekankan kepada semua jajaran pemerintah daerah, untuk mengambil langkah yang diperlukan, terkait hal ini,” tegasnya.

Bagi masyarakat Sultra, dirinya meminta warga untuk terus bersama pemerintah daerah dan TNI/Polri, bersama-sama mencegah terjadinya gangguan ketertiban umum, dengan terus dikoordinasikan dengan aparat. “Warga harus siaga, dan harus tetap waspada,” pesannya.

Terkait hal tersebut, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sultra juga telah melakukan silaturahmi tokoh lintas agama, pada Rabu (16/5). Kegiatan yang diinisiasi Kemenag bertujuan memperetat tali persatuan dan kesatuan antar umat beragama, dalam mencegah aksi teror terjadi dui Sultra.

Dikesempatan itu, juga dihadiri Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto, Danrem 143 Haluoleo Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, Kepala BIN Daerah Sultra Brigjen Andi Sumangerukka, Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Nana Resmana, Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) I Putu Darjatna dan gubernur yang diwakili Kepala Biro Kesra Muhammad Arfah.

“Semua harus saling sinergi antara pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah dan aparat keamanan sehingga daerah kita bisa terhindar ancaman aksi-aksi dari pihak yang tidak bertanggung jawab,” katanya Kepala Kantor Kemenag Sultra Dr Abdul Kadir, M.Pd.

Dirinya juga Kakanwil juga mengajak tokoh agama dan pimpinan agama agar senantiasa waspada dan memberikan pencerahan guna mencegah perpecahan.

Sementara itu, Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto berharap agar masyarakat tetap tenang dalam menyikapi aksi teror yang berjadi belakangan ini.

“Aparat kepolisian akan bersinergi dengan TNI dalam menjaga keamanan di Sulawesi Tenggara, kami juga mengharapkan bantuan para stakeholder lainnya,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan jajarannya agar meningkatkan kewaspadaan, serta melakukan pengamanan kegiatan masyarakat.

“Kami sudah menginstruksukan jajaran agar meningkatkan kewaspadaan dan melakukan pengamanan kegiatan masyarakat, baik di tempat ibadah dan tempat-tempat lain dimana ada aktifitas masyarakat,” tambahnya.

Dalam silaturahmi itu, tokoh agama dari lintas agama mendeklarasikan berbagai hal. Pertama, bertekad membangun dan menjaga suasana kerukunan hidup antarumat beragama di Sultra.

Dua, membangun dialog di antara para pemuka agama dan umat beragama dengan mengedepankan prinsip-prinsip musyawarah dan mufakat demi terciptanya suasana kedamaian dan kerukunan umat beragama.

Tiga, membangun kesadaran masing-masing pada umat beragama untuk menjalankan ibadah dengan baik sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan masing-masing.

Empat, bersama-sama memerangi segala tindakan teror, hoaks, ujaran kebencian antarumat beragama serta mendorong suasana hidup rukun, damai, kondusif dan bermartabat dalam bingkai Pancasila dan NKRI.

Terakhir, berperan aktif dan menyukseskan program pembangunan Pemerintah Sulawesi Tenggara yang maju dan sejahtera. (efn-r1/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top