Rakyat Sultra Online

Metropolis

Pemerintah Kota Kendari Siapkan 560 Gas Elpiji 3 Kg

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Kendari bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI), Tim Pengendali Inflansi Daerah (TPID) Kota Kendari dan Asosiasi Pemerintah se Kecamatan Kota Kendari, menyediakan 560 Gas Elpiji 3 Kilogram bagi masyarakat melalui pasar murah perdana yang dilaksanakan di Kantor Camat Baruga, Senin (21/5).

Saat dimintai keterangan, Plt Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, berterima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerjasama dalam pengendalian harga menjelang idul fitri.

“Ini adalah wujud perhatian pemkot memastikan masyarakat menjalankan ibadah puasa hingga lebaran dengan gembira dan masyarakat tidak bermasalah dengan kebutuhan pokok, termasuk gas 3 kilogram yang belakangan sedikit bermasalah,” ungkapnya dihadapan awak media.

Katanya, tidak hanya BI yang terlibat langsung dalam pasar murah tersebut, tetapi juga ada Bank Sultra dan PT Pertamina sebagai pemasok Gas Elpiji. PT Pertamina sendiri menyediakan 560 tabung Gas Elpiji 3 Kilogram yang dibandrol Rp 17.900 per tabungnya.

“Kami minta masyarakat terkendali konsumsinya, karena semua stok bahan pokok tersedia,” ujar kader PKS itu.

Tidak hanya Gas Elpiji 3 Kg, Pemkot juga mengandeng Indomart, Hypermart dan Indogrosir untuk menyediakan bahan pokok dengan harga distributor. Seperti, gula pasir yang harganya Rp 12.500 per kilogramnya, minyak goreng Rp 11.000 per kilogramnya, beras 10 kg dibandrol dengan harga Rp 100.000. Termasuk terigu perkilonya Rp 7.900, bawang merah, Rp 35.000 per kilogram dan bawang putih Rp 30.000 per kilogramnya.

Sementara itu, Syam Alam selaku Kadis Perdagangan dan UMKM Kota Kendari mengatakan, kegiatan pasar murah sengaja dilaksanakan karena selama puasa sampai dengan lebaran permintaan tinggi, sehingga rawan terjadinya inflasi (kenaikan harga).

“Pasar murah ini ada dibawah kendari TPID Kota Kendari yang akan dilaksanakan diberapa titik Kecamtaan di Kota Kendari. Termasuk akan melaksanakan pasar murah di tamkot untuk para pegawai pemkot,” ungkapnya.

Lokasi tersebut seperti, di Kecamatan Wua-wua pada 22 Mei di Kantor Camat, 23 Mei di Kecamatan Kadia bertempaat di Kantor Kelurahan Bende, 24 di Kecamatan Kambu bertempat di Kantor Kecamatan, 25 Mei di Kecamatan Poasia bertempat di Kantor Kecamatan.

Selanjutnya, 28 Mei di Kecamatan Abeli dan Nambo bertempat di Kantor Kecamatan, 29 Mei di Kecamatan Kendari bertempat di Kantor Kecamatan, 30 Mei di Kecamatan Kendari Barat bertempat di Kantor Kecamatan, 31 Mei di Kecamatan Puuwatu bertempat di Kantor Kecamatan dan 1 Juni di Kecamatan Mandonga bertempat di Kantor Kecamatan.

Terakhir, pada 2 Mei pasar murah bakal dilaksanakan di taman kota (tamkot) yang diperuntukkan bagi pegawai Pemerintahan Kota Kendari.

Selain itu, Dinas Perdagangan dan UMKM Kota Kendari juga menyediakan 5000 kupon di 11 kecamatan. Setiap kecamatan akan mendapatkan sekira 400 kupon.

Dinas perdagangan menyiapkan sekira 5000 kupon pembelian bahan pokok di 11 kecamatan, setiap kecamatan sekira 400 kupon. Jadi masyarakat yang mendapatkan kupon tinggal membayar Rp 50.000 sudah bisa mendapatkan satu paket bahan pokok yang didalamnya ada gula pasir, minyak goreng dan terigu. (p11-p6/b/alp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top