Metropolis

Dewan Minta Pj Gubernur Turun Tangan Tuntaskan Jalan Trans Sulawesi

KENDARI- Jalur mudik jalan Trans-Sulawesi di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) rusak parah. Sepanjang jalan dipenuhi lumpur tebal. Kondisi ini diperparah guyuran hujan terus menerus selama beberapa hari.

Kerusakan jalan Trans Sulawesi sudah sangat memprihatinkan dan dipastikan berdampak buruk bagi keselamatan warga yang melintasi jalan tersebut termasuk warga yang berdomisili disekitar situ.

Menurut Anggota Komisu III DPRD Sultra La Ode Mutanafas, Kerusakan jalan yang menghubungkan Konut-Konawe dan Kota Kendari itu sudah berlangsung selama tiga tahun, tepatnya mulai akhir 2015 lalu. Sejak proyek pengaspalan jalan diluncurkan oleh Wilayah II Balai Jalan Nasional XIV Kementerian PUPR, Sultra. Jalan trans Sulawesi sulit dilalui kendaraan.

Katanya proyek  tersebut menelan anggaran sekira Rp 110 miliar melalui dana APBN itu membentang sepanjang 16,320 kilometer dengan lebar 6 meter. Titik terparah kerusakan jalan terletak di Desa Paku Jaya Kecamatan Morosi, Konawe. Antrian panjang kendaraan menjadi pemandangan jamak di tempat itu setiap musim hujan.

Kerusakan jalan paling parah, lanjut dia,  masuk di wilayah Konawe, namun yang merasakan juga dampaknya adalah warga Konawe Utara karena mereka juga melakukan aktivitas perekonomian di luar Konut, misalnya di Konawe dan Kendari.

Kondisi jalan mengalami kerusakan dikarenakan juga kendaraan pemuat batu maupun perusahaan tambang yang memuat barang dengan bobot di atas 10 ton. Itukan mengancam pengguna jalan lain. Jadi pihak perusahaan juga sangat berkontribusi dalam kerusakan jalan yang ada di Konawe-Konawe Utara sehingga kedepannya ini diharapkan tidak terjadi lagi.

Memang harus ada langkah tegas terhadap permasaalahan kerusakan jalan yang sudah berlangsung lama tanpa ada kepastian kapan penyelesaiannya dan harus ada yang bertanggung jawab tentunya. Kalau hal ini terus berlarut maka masyarakat yang jadi korban.

Menjelang hari raya Idul Fitri sudah barang tentu ada langkah antisipasi perbaikan segera, walau perbaikan itu sifatnya darurat yang penting bisa dilalui sehingga kondisinya tidak lagi separah saat ini. Iya, kami minta Gubernur turun tangan langsung, hari ini pun bisa kalau beliau panggil semua pihak terkait untuk segera turun lapangan melakukan perbaikan kerusakan jalan tersebut. (rs)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top