Rakyat Sultra Online

Headline

Pj Gubernur Minta Seleksi Sekda Segera Dibuka

KENDARI – Penjabat (Pj) Gubernur Sultra Teguh Setyabudi mengakui jika seleksi terbuka untuk jabatan sekretaris daerah provinsi Sultra belum bisa dilakukan, dengan alasan beberapa kendala.

Hal tersebut juga yang menjadi salah satu alasan mengapa dirinya memperpanjang masa jabatan Kepala BPKAD Sultra Hj Isma, untuk menduduki jabatan Sekda di Pemprov Sultra itu.

Isma kembali diamanahkan menjadi Pj Sekda Provinsi Sultra berdasarkan Surat keputusan (SK) Gubernur Sultra nomor 327 tentang Pengangkatan Pj Gubernur Sultra.

Isma pun kembali dilantik di ruang rapat gubernur, Kamis (21/6).

Selain itu, Teguh meminta Pj sekda untuk segera membentuk panitia seleksi sekdan. Namun dengan melihat beberapa pertimbangan salah satunya yakni melihat daerah atau provinsi mana yang melakukan seleksi terbuka dengan biaya minimal.

Teguh mengaku tidak ada alasan khusus dirinya mengangkat kembali Kepala BPKAD menjadi Pj Sekda. Tetapi dalam pengangkatan pejabat tinggi pratama, telah diatur dalam Pepres Nomor 3 tahun 2014.

“Jadi bukan berarti saya mendukung Pj Sekda yang kedua kalinya, tetapi ini sesuai mekanisme. Makanya, mari bergandengan untuk mendukung program kerja yang telah kita sepakati,” katanya.

Dirinya juga menginstruksikan agar Pj Sekda dan Asisten terkait, segera membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk menjaring Sekda definitif. Diharapkannya, pembentukan Pansel, agar sesegera mungkin dilakukan, setidaknya dalam sepekan kedepan sudah terbentuk.

“Saya minta, bahkan saya instruksikan agar segera membentuk pansel. Paling tidak Senin depan sudah ada susunan pansel,” pesan Teguh usai melantik Isma.

Selain itu, dirinya berpesan agar pembentukan pansel mempertimbangkan biaya seminimal mungkin. Artinya, pelaksanaan seleksi terbuka sekda definit dilakukan dengan biaya minimal, namun tidak melanggar peraturan perundang-undangan.

“Saya perintahkan semua jajaran SKPD yang memenuhi syarat untuk ikut dalam seleksi terbuka sekda definitif, jika berkesempatan dan saatnya untuk ikut. Namun bukan khusus bagi kepala SKPD provinsi saja, tetapi terbuka untuk kabupaten kota se-Sultra,” terangnya.

Sementara Pj Sekda Provinsi Sultra Hj Isma mengaku ada beberapa program prioritas dengan kendala dan waktu yang cukup pendek. Pasalnya dirinya menjabat Pj Sekda hanya dalam waktu tiga bulan kedepan, pascamenerima surat tugas perpanjangan.
Prioritas yang akan dilakukan yakni penyelesaian draf APBD Perubahan tahun 2018 dan rencana penyusunan dokumen APBD tahun 2019.

“Selain itu juga akan menyelesaikan pembahasan LKPD tahun 2017 di DPRD Sultra,” ujar Isma usai dilantik kembali sebagai Pj Sekda. (p20/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
Jalan Sehat 2018
Dalam melaksanakan tugas jurnalistik, wartawan Rakyat Sultra dibekali tanda pengenal. Tidak diperkenankan menerima, apalagi meminta, imbalan dari siapapun, dalam bentuk apapun, serta dengan alasan apapun.
rakyatsultra apk

©2016 Rakyat Sultra by Fajar.co.id

To Top