Headline

Pemkot Lakukan Sosialisasi dan Advokasi Germas

Erny, SKM, M. Kes.  Ketua panitia kegiatan sosialisasi & kampanye gerakan masyarakat hidup sehat (germas) tingkat kota kendari

KENDARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, melakukan Instruksi Presiden (Inpres) No.1 tahun 2017. Dengan melakukan sosialissi dan advokasi Germas serta melaunching satu rumah satu jumantik, di Taman Kota (tamkot), dihadiri Plt Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir, pimpinan OPD Kota Kendari serta masyarakat Kota Kendari.

Dalam sambutanya, Plt Walikota Kendari Sulkarnain mengatakan, Germas merupakan penguatan pembangunan kesehatan dalam upaya promotif dan preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif dan rehabilitatif denga melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan pola hidup sehat.

“Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular baik kematian maupun kecacatan menghindarkan terjadinya produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan,” kata Sulkarnain saat membawakan sambutan disosialissi dan advokasi Germas serta melaunching satu rumah satu jumantik.

Selain itu, seiring dengan meningkatnya mobilitas dan gaya hidup, sumber penyakit pun meningkat sehingga pengeluaran dan biaya kesehatan pun turut meningkat, meskipun saat ini. Pemerintah telah banyak memberikan stimulan lewat BPJS di Daerah.

“Masyarakat mulai menyadari akan pentingnya kesehatan. Program germas dinilai efektif tepat untuk mencapai kebutuhan dan kesejahteraan hidup,” tambahnya.

Politisi PKS itu juga menghimbau, agar kegiatan germas butuh penguatan dari berbagai pihak oleh karena itu, semua pihak harus terlibat baik Swasta, semua OPD. Sebab tambahnya, Kesehatan bukan saja tanggung jawab Dinas Kesehatan karena dengan semangat untuk mengahdirkan lingkungan yang sehat dan layak untuk dihuni menjadi cita-cita bersama.

“Kami mengimbau agar kepada seluruh masyarakat terkhusus seluruh Apartur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kota Kendari untuk bersama-sama mewujudkan kota Kendari yang lebih sehat dengan senantias mengedepankan perilaku hidup bersih dan sehat,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kota Kendari mengatakan, kegiatan ini merupakan Sosialisasi dan advokasi Germas dirangkaiakan dengan peringatan Hari Lansia, dan launching program satu rumah satu jumantik.

“Instruksi Presiden Kami lakukan dalam bentuk Instruksi Walikota Kendari No.1 tahun 2017 jadi ini adalah tahun kedua kami melaksanakan Germas Namun. Pihaknya selalu menghimbau dan mengajak masyarakat berprilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.

Masih dia, untuk tindak lanjut di OPD, pihaknya sudah membagikan CD yang berisi contoh gerakan peregangan yang harus dilaksanakan setiap pukul 10.00 dan pukul 14.00 setiap harinya.

“Peregangan berguna melepas kepenatan, melepas kejenuhan disela sela aktifitas keseharian, gerakan ini dirangkum selama 10 menit,” tandasnya.(p6/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Rumah Makan Union Kendari
To Top