-IKLAN-

DPRD Konsel Umumkan Bupati Terpilih Lewat Paripurna

52

pilpores

ANDOOLO – DPRD Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat paripurna guna mengumumkan bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021.
Paripurna istimewa itu dikatakan Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo S.Sos M.Si sebagai salah satu syarat rangkaian pengusulan pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten Konsel yakni Surunuddin Dangga-H Arsalim sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dimana rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih itu bakal dihelat Februari mendatang.

“Paripurna istimewa ini guna mengumumkan berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2010-2015. Dan pengumuman bupati dan wakil bupati terpilih periode 2016-2021 sesuai SK 46 KPU Konsel menyangkut penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dalam pemilukada di Konsel,” ujar Irham.

Berita terkait

Irham mengatakan sesuai surat edaran Mendagri agar DPRD Konsel mengumumkan berakhirnya masa jabatan bupati dan wakil bupati sebelumnya serta mengumumkan bupati dan wakil bupati periode 2016-2021 yang terpilih selanjutnya notulen dan naskah hasil sidang paripurna tersebut akan ditembuskan kepada gubernur Sultra yang selanjutnya kepada Mendagri agar dilakukannya pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati terpilih (Surunuddin-Arsalim).

Menurut Irham, dengan adanya gugatan PT TUN terhadap H Arsalim tidak akan mempengaruhi proses pelantikan Surunuddin-Arsalim yang telah dinyatakan oleh KPU Konsel sebagai pasangan bupati dan wakil bupati terpilih di Konsel.

“Sebab salah satu yang menjadi acuan untuk tidak dilakukannya pelantikan bupati terpilih jika mengacu berdasarkan syarat-syarat pelantikan jika adanya gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) yang dikabulkan terhadap sengketa hasil pemilukada. Dengan itu artinya gugatan terhadap bupati yang terpilih tidak digugat ke MK melainkan hanya di PT TUN,” pungkas Irham. (r4/b/ian)

Komentar Pembaca
.