-IKLAN-

Semua Parpol Wajib Koalisi

58
Suasana pemilihan di TPS hendaknya berjalan lancar dan aman.
Suasana pemilihan di TPS hendaknya berjalan lancar dan aman.

Reporter: SEPLIN BACHRIR
Editor: INDAH ASTRYANI

KENDARI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari memastikan semua partai politik (parpol) harus berkoalisi kalau ingin mengusung calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari. Soalnya, setiap parpol di Ibu Kota Sultra tidak memiliki kursi dan perolehan suara yang cukup dalam mendukung pasangan calon.

Anggota KPU Kota Kendari, Zainal Abidin mengatakan, dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada, parpol bisa mengusung pasangan calon apabila mengantongi 20 persen dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah saat pemilihan legislatif.

Jika merujuk persentase kursi maka setiap parpol harus memiliki minimal tujuh kursi saat mengusung pasangan calon. Sementara di DPRD Kendari, tidak ada satu pun partai yang memiliki tujuh kursi.

Di DPRD Kendari, katanya, PAN memiliki kursi paling banyak di antara semua partai. Hanya partai berlambang matahari terbit itu wajib berkoalisi kalau ingin mengusung calon.

“Adapun formulasi koalisinya tergantung dari mereka yang tentukan,” jelasnya saat ditemui di Kendari, Jumat (29/1).

Berita terkait

Dalam pemilihan wali kota, partai yang tidak memiliki kursi alias non seat tidak akan dihitung KPU. Sebab yang berhak mengajukan calon cuma parpol yang memiliki kursi di parlemen.

“Kalau mereka masukkan dukungan, KPU tentu tidak akan menghitung suaranya karena tidak ada lagi istilah non seat dalam pilkada serentak,” ucapnya.

KPU pun mempersilakan pasangan calon yang ingin menempuh jalur independen dalam pemilihan wali kota. Yang jelas, mereka harus mengantongi dukungan dari warga sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015. (*/a)

Kursi Parpol di Parlemen

1. PAN 6 kursi
2. Gerindra 5 kursi
3. PDIP 4 kursi
4. Golkar 4 kursi
5. PKS 4 kursi
6. Demokrat 4 kursi
7. NasDem 3 kursi
8. Hanura 2 kursi
9. PKB 1 kursi
10. PPP` 1 kursi
11. PBB ` 1 kursi

Total Kursi 35 kursi

Komentar Pembaca
.