JCH Sultra Lakukan Pemantapan Manasik

54

 

KENDARI – Puncak ibadah haji, Wukuf di Padang Arafah jatuh pada 9 Dzulhijjah atau Senin (12/9) mendatang. Para JCH Sultra kembali melakukan pemantapan manasik atau praktik rukun haji sebelum pucak ibadah haji nanti.

Manasik tersebut diantaranya tata cara pemberangkatan ke Arafah, Musdalifah dan Mina. Selain itu para JCH juga melakukan tata cara ihram, larangan ihram serta melakukan sortir barang-barang bawaan ke Armina nanti.

Ketua Kloter 19 JCH Sultra, Zainal Mustamin mengatakan, selain manasik haji pihaknya juga melakukan pemantapan pemeriksaan kesehatan bagi seluruh para jemaah. Sebab wukuf di Arafah bakal menguras tenaga dan energi bagi para JCH sehingga wajib untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan sebelum kebarangkatan nanti.

Apalagi suhu mencapai 45 derajat sehingga para JCH tidak diperbolehkan membawa barang-barang yang tidak perlu. Namun pihaknya menekankan agar para JCH perbanyak mebawa air.

Berita terkait

CJH Konsel Tiba di Embarkasi Makassar

Golkar Target Dua Kursi DPR RI

“Manasiknya akan dilakukan tiga hari. Manasik ini tujuannya agar tidak ada jemaah yang kesasar dan kebingungan untuk wukuf nanti. Kami juga lakukan pengecekan kesehatan bagai para JCH. Para JCH diwajibkan membawa bekal air minum yang banyak,” terangnya.

Hal yang sama diungkap, Kanwil Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan. Kata dia, para JCH wajib kembali melakukan manasik agar tidak terjadi kebingungan pada para jemaah.

Begitupula dengan pemeriksaan kesehatan, kata dia, 80 persen JCH Sultra kebanyakan usia uzur. Sehingga tim dokter harus benar-benar rutin melakukan pemeriksaan sebelum wukuf di Arafah nanti.

Sejauh ini, pihaknya belum mendapatkan informasi tentang JCH yang menderita penyakit parah. Hanya saja, ada satu JCH yang menderita susah buang air kecil. Tapi JCH tersebut sudah dianyatakan sehat dan sudah kembali ke penginapan.

“Alhamdulilah tidak ada yang sakit parah. Kemarin sempat ada jemaah Kendari yang sempat di rawat di klinik. Tapi Alahamdulillah sudah sehat kembali. Kami berharap para JCH selalu sehat dan kembali dengan selamat semua,” harapnya. (m4/b/din)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.