Jemaah Haji Asal Konawe Wafat di Mekkah

42

Unaaha – Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Konawe dikabarkan meninggal dunia, Senin (19/9). Jemaah haji itu bernama Abdul Karim Bin Rahman (62). Ia dilaporkan menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 09.10 waktu Arab Saudi.

Kabar duka menimpa jemaah haji Konawe ini dibenarkan Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Konawe, Muh Alwi. Pada Rakyat Sultra, Alwi mengatakan pihaknya baru saja bertandang ke rumah almarhum di Kelurahan Unaaha Kecamatan Unaaha untuk menyampaikan informasi duka tersebut.

“Kita baru saja ke rumah duka bersama Kepala Kemenag Konawe. Kita menyampaikan langsung ke keluarga kalau yang bersangkutan benar adanya telah meninggal dunia di tanah suci,” urai Alwi.

Rupanya kabar wafatnya Abdul Karim sudah lebih dulu sampai ke telinga keluarga korban. Informasi ini disampaikan langsung istri almarhum, Siti Nurmina yang juga turut menunaikan ibadah haji bersama-sama almarhum.

Sejak pemberangkatan, kata Alwi, alm Abdul Karim memang memiliki gejala kurang sehat. Ia memiliki riwayat sakit gula.
“Barangkali sakit gulanya. Karena dari berangkat memang sakit. Sakit gula,” tambahnya.

Berita terkait

Masih menurut informasi ketua kloter, kata Alwi, Abdul Karim meninggal saat berada di pemondokan. Almarhum sendiri dikabarkan sudah menuntaskan seluruh rangkaian ibadah haji sebelum akhirnya berpulang ke rahmatullah.

“Meninggaln di pemondokan. Jenazah sementara diurus Ketua Kloter dan Maktab disana karena akan dimakamkan disana. Semua rangkaian haji almarhum sudah selesai sebelum wafat,” jelasnya.

Dengan meninggalnya satu orang jemaah ini, Kata Alwi, kini total jemaah haji Konawe yang tergabung dalam kloter 19 bersisa 101 orang. Tahun lalu, satu orang rombongan jemaah haji Konawe juga dinyatakan meninggal dunia saat menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sultra, Mohamad Ali Irfan ikut membenarkan berita duka itu. Ali Irfan mengaku mendapat informasi langsung dari panitia haji melalui via seluler.

“Innalillahi Wainna Illahi Rojiun, semoga yang meninggal dunia diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkannya diberi ketabahan. Saya dapat informasi kalau yang meninggal tersebut menderita penyakit jantung. Saat ini sudah didampingi istrinya. Kebetulan istrinya juga menunaikan ibadah haji, nanti langsung akan dikebumikan di Arab Saudi, karena memang seperti itu aturannya,” terangnya. (lin-m4/b/din)

Komentar Pembaca
Baca Juga !
.