17.018 Keluarga Bakal Terima Rasra

39

UNAAHA – Pemerintah Kabupaten Konawe resmi melounching penyaluran bantuan sosial beras sejahtera (Rastra) tahun 2018. Lounching perdana ini dilakukan langsung oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Senin (22/1) bertempat di Balai Sulemandara Kecamatan Pondidaha.

Rastra yang merupakan program bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat ini akan diberikan kepada 17.018 Keluarga penerima manfaat. Program ini akan diberikan dalam bentuk beras berkualitas medium (menengah).

Para keluarga penerima manfaat ini akan mendapatkan beras 10 Kilogram setiap bulan. Penerima tidak perlu mengeluarkan biaya tebus ke pemerintah.

“Rastra ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan akses masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhannya. Sehingga tidak ada biaya yang harus dikeluarkan oleh warga penerima. Semuanya gratis,” Ungkap Kery.

Dikatakannya, program Bansos Rastra ini lahir atas adanya kesamaan persepsi antar pemerintah pusat dan daerah . Sistem penganggaran dilakukan dengan subsidi sharing alokasi anggaran APBN dan APBD tahun berjalan.

Berita terkait

“Saya harapkan tim koordinasi (Timkor) kecamatan supaya dapat mengelola dengan baik. Selalu koordinasi dengan pihak Perum Bulog Unaaha jika ada kendala dalam konteks administrasi maupun distribusi. Jangan lagi saya dengar ada pungutan biaya,” ucapnya.

Plt Kepala Perum Bulog Subdivre Unaaha, Nurdin mengatakan, program Rastra ini akan didistribusikan pada 270 titik yang mencakup tujuh kecamatan. Yakni kecamatan Soropia, Sampara, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Bondoala, Morosi dan Pondidaha.

Untuk Kecamatan Pondidaha, pada Lounhing perdana, Di wilayah ini diserahkan rastra kepada 855 KPM. Setara 8550 kg tersebar di 15 titik distribusi.

“Stok beras yang tersimpan di GBB Tuoy Unaaha sebesar 2.760 ton . Jumlah ini dapat menyangga ketahanan pangan di Kabupaten Konawe dalam setahun, ” katanya. (hdi/ian)

 

Komentar Pembaca
   
.