Coklit Hari Pertama, Data Tiga Kecamatan Belum Masuk

33

UNAAHA –  Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe berbagi tugas dalam proses pencocok dan penelitian (Coklit) data Daftar Pemilih pada pemilihan serentak Tahun 2018, Sabtu (20/1). Pada coklit ini, empat komisioner menyebar mendampingi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan PPDP.

Pencocokan dan penelitian data yang dilakukan KPUD Konawe ini merupakan gerakan nasional. Gerakan coklit ini dilakukan untuk pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih.

Coklit tersebut diawali dengan apel gabungan di Kantor KPUD Konawe. Setelah itu, empat komisioner berbagi wilayah. Setelah Apel Gabungan Coklit (cocokkan data dan Teliti) Serentak Ketua KPUD Konawe bersama tiga Komisioner membagi wilayah.

Untuk Ketua KPUD Konawe, Sarmadan di wilayah Kecamatan Abuki, Muhammad Aswar di Kecamatan Sampara dan Kapoiala, Abdul Hasyim  di Kecamatan Wonggeduku, dan Ulil Amrin di kecamatan Lambuya.

Ketua KPUD Konawe Sarmadan Setelah mendampingi PPDP mengatakan jika proses coklit berjalan lancar. PPDP Cukup Baik  dalam mendatangi  rumah-rumah dalam mendata pemilih dimasyarakat.

Berita terkait

“Setelah ini kami secara berjenjang melakukan lagi monotoring,evaluasi,dan Kontrol sehingga mereka tetap bekerja seperti  itu apa adanya mendatangi rumah dengan baik dan santun. Kita tidak ingin salah satu warga konawe yang tidak terdaftar, ” ucapnya.

Ketua Devisi Program dan Data, Muhammad Aswar mengatakan, Untuk laporan sementara, pelaksanaan coklit masih ada beberapa kecamatan belum. Hal ini dikarenakan faktor jarak dan tidak adanya komunikasi.

“Tiga kecamatan itu yakni Routa, Latoma, dan Asinua. Ketiga kecamatan ini berada diwilayah jauh dari ibukota, ” ucap Aswar, Minggu (21/1).

Meski demikian, soal target semua untuk  kecamatan yang masuk tercapai. Bahkan ada yang melebihi target coklit minimal lima rumah sampai 23 rumah dihari pertama. (hdi/ian)

Komentar Pembaca
   
.