Konsel Terima Bantuan Kredit Miliaran Rupiah

39

ANDOOLO – Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) mendapat kucuran bantuan kredit dari Bank Jawa – Banten (BJB) dan Bank Sultra senilai miliaran rupiah.

Hal tersebut terungkap saat Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM mengadakan rapat bersama Direksi Bank BJB dan Bank Sultra terkait kesepakatan dan kerjasama antara Pemda Konsel dengan kedua Bank tersebut, bertempat di ruang rapat BPD Sultra, Kamis (18/1)

Dalam pertemuan tersebut Bupati Konsel H. Surunudin Dangga didampingi Kadis Keuangan Marwiyah Tombili, Kabag Hukum Pujiono, dan Mutahir Hidayat dari Dinas Pekerjaan Umun Pemda Konsel yang membahas tentang Pinjaman Sindikasi (Konsorsium) oleh Bank BJB dan BPD Sultra kapada Pemda Konsel sebesar Rp 200 Miliar rupiah.

“Pinjaman dana tersebut akan digunakan untuk membiayai pembangunan infrastruktur di Konsel yaitu empat paket proyek jalan, dan tiga jembatan,” ujar Surunuddin.

Berita terkait

Kata dia, Dengan adanya kucuran dana tersebut diharapkan dapat mempercepat proses pembangunan infrastruktur khususnya yang bersifat multiyears di Konsel.

Dikatakannya, produk pinjaman daerah tersebut tidak menyalahi aturan karena telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2011 tentang Pinjaman Daerah. Bahkan untuk kelancaran proses administrasi dalam kegiatan tersebut Pemda Konsel telah mendapatkan rekomendasi dari Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Sedangkan menurut, Joko Hartono Kalisman CEO regional V Bank BJB mengatakan bahwa dalam implementasi hasil kesepakatan tersebut akan lebih cepat prosesnya.

Ditambahkannya, tidak diperlukan Perda khusus tentang itu, tetapi cukup dengan peraturan bupati (perbup) tentang penjabaran APBD yang bila diperlukan bisa dilakukan penyesuaiannya. (ram/ian)

Komentar Pembaca
   
.