Nonton Drama Korea Bisa Hilangkan Stres dan Kesepian

208
Ilustrasi

 

MAKASSAR- Drama Korea (drakor) The World of The Married sedang menjadi perbincangan warganet di media sosial. Serial drakor The World of The Married dibintangi Kim Hee-ae sebagai Ji Sun-woo dan Park Hae-joon sebagai Lee Tae-oh.

Drakor ini bercerita tentang Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter yang tampaknya memiliki kehidupan yang sempurna, suami tampan dan baik hati serta anak yang baik. Drakor ini sukses menyedot antusias para wanita yang menyaksikannya dan menjadi terbawa perasaan oleh akting para pemainnya.

Salah seorang penikmat Drakor, Rizky Maulidiana Haris mengatakan alasan ia suka nonton drama Korea awalnya saat SMA. Ada teman kelas yang heboh kasih rekomendasi drama Korea yang bagus, biar kalau ngobrol bisa nyambung, jadilah ia ikutan juga nontonnya. Sampai sekarang keterusan dan masih suka nonton drakor.

Kata Kiki sapaannya, dulu mungkin ia bisa nonton satu hari sampai beberapa episode. Bahkan dalam satu hari bisa menyelesaikan satu judul drama, tapi sekarang paling bisa nonton kalau waktunya luang.

“Sekarang tidak memaksakan harus nonton berapa episode paling 1 sampai 2 episode dan lebih selektif memilih drakor apa yang mau ditonton,”tuturnya.

Ditanya mengenai apa yang disuka dari drakor. Perempuan yang merupakan dosen di Universitas Fajar ini mengatakan, Drama Korea itu sering bikin ia amaze dengan jalan ceritanya.

Kadang ide besar ceritanya bisa sangat simple dan cenderung cheesy, tapi eksekusi para pemainnya ditambah soundtracknya bisa membuat penasaran.

Untuk mau untuk nonton beberapa episode yang panjang, tentunya dengan durasi yang panjang juga, pemainnya sendiri tidak menjamin bagus tidaknya suatu drama.

“Kalau saya pribadi justru melihat siapa screen writer dan director dramanya baru memutuskan akan nonton apa tidak, selayaknya kita punya penulis novel favorite, di drakor juga begitu,”ungkap perempuan yang juga PR di Trans Studio Mal Makassar ini.

Psikolog Klinis Dwipayana, Syarvia Lukman, mengatakan ketika seseorang menonton drakor hingga beberapa episode yang dihabiskan sampai berjam-jam, alasannya selain memang karena hobi nonton dan menyukai drama.

Orang tersebut juga tengah menghibur diri, karena mungkin saat ini tidak memiliki aktivitas yang jelas dan terjadwal bahkan bisa juga karena kesepian. Ini bisa melepaskan stress yang ada dalam dirinya.

“Namun perlu ditekankan bahwa kalau itu berlebihan, bisa jadi masalah. Pasalnya orang akan menjadi mudah emosional, untuk hal-hal yang tidak nyata terjadi,”tuturnya.

Lanjut Via sapaannya, biasanya adegan atau kejadian di film, biasanya dapat memicu emosi tertentu yan selama ini mungkin terpendam. Hal ini bisa positif sekaligus negatif. Nonton berjam-jam bisa jadi mengurangi jam tidur seseorang, hal ini pun dapat membuat orang menjadi sensitif, secara fisik lelah dan kurang istrahat.

“Akan mudah merasa terganggu ketika ada orang lain atau situasi yang menghalanginya untuk melanjutkan kegiatan nonton, tetapi selama ia lakukan itu masih wajar tidak apa-apa,”ucapnya. (fajar)

Komentar Pembaca
   
.