Bupati Koltim Arahkan Masyarakat Salat Id di Rumah

403
Tony Herbiansyah

 

TIRAWUTA – Bupati Kolaka Timur (Koltim), Tony Herbiansyah mengarahkan masyarakat untuk melaksanakan ibadah salat idullfitri (id) di kediaman masing-masing bersama keluarga inti.

Arahan tersebut sebagaimana tertuang dalam surat edaran Nomor: 045/454/Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 H/2020 M Ditengah Pandemi Wabah Covid-19.

Selain salat id, umat Islam juga diimbau untuk tidak melaksanakan salat jumat di masjid, tetapi diganti dengan salat zuhur secara berjemaah di rumah, begitupun dengan salat wajib lainnya.

“Sahur dan buka puasa juga dilakukan oleh individu atau keluarga inti. Tidak perlu sahur on the road dan ifthar jama’i yakni buka puasa bersama,” ucapnya.

Lanjutnya, tilawah dilakukan di rumah masing-masing berdasarkan perintah Rasulullah SAW demi menyinari setiap rumah dengan bacaan ayat-ayat suci Quran. Iktikaf di masjid juga ditiadakan.

Lalu, umat muslim diimbau agar tidak menggelar takbir keliling, namun diganti dengan takbir di masjid atau musala dengan pengeras suara yang diikuti maksimal 5 orang saja. Kegiatan pasca-ramadan seperti halal bi halal juga ditiadakan.

“Demikian untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan sebagaimana mestinya. Terima kasih,” tutup orang nomor satu di Koltim itu. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
   
.