Ditemukan Lima Warga Reaktif Hasil Rapid Tes di Lippo Kendari, tapi Negatif di TCM

328

 

 

KENDARI – Satgas Covid-19 Internal Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara merilis hasil pemeriksaan Rapid Tes terhadap 100 orang pengunjung dan pegawai Lippo Plaza Kendari, Jumat (22/5). Dalam pemeriksaan random tersebut, didapatkan lima kasus reaktif berdasarkan hasil rapid tes.

Kini, kelima warga tersebut telah menjalani pemeriksaan diagnostik dengan Tes Cepat Molekuler (TCM). Adapun hasilnya, mereka dinyatakan negatif virus Corona.

Ketua Satgas Covid-19 Internal IDI Sultra, dr Agus Purwo Hidayat Sp.An menyampaikan, pemeriksaan diagnostik dengan tes cepat molekuler (TCM) terhadap lima warga itu dilaksanakan di Rumah Sakit Bahteramas.

Menurutnya hasil reaktif pada rapid tes itu kemungkinan disebabkan oleh cross reaksi/reaksi silang dengan antibodi virus lain yang menyerupai.

Pemeriksaan rapid tes di Lippo Plaza Kendari sendiri dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kendari bekerja sama dengan IDI Sulawesi Tenggara, Kamis (21/5/2020). Kegiatan itu bertujuan untuk melacak penyebaran virus Corona di Kota Kendari.

Meski kelima warga itu negatif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan diagnostik dengan tes cepat molekuler, namun mereka tetap dianjurkan untuk melaksanakan isolasi mandiri. (rir/aji)

Komentar Pembaca
   
.