Donactive Peduli Indonesia Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

194
Ketua Yayasan Donactive Peduli Indonesia (masker hijau) Afif bersama Ketua Ikatan Notaris Indonesia (INI) Kota Kendari, Sudirman (kemeja biru) saat menyerahkan bantuan kepada warga di Kelurahan Talia. Foto: Herdy/Rakyat Sultra.

 

KENDARI – Sinergitas yang terjalin antara Donactive Peduli Indonesia bersama Ikatan Notaris Indonesia (INI) Pengurus Daerah Kota Kendari rupanya membawa kebahagian bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kota Kendari.

Bagaimana tidak, sebanyak 218 paket sembako dibagi-bagikan para relawan Donactive ke rumah-rumah warga secara toor to door di Kelurahan Talia, Kecamatan Abeli, Senin (18/5/2020).

Kepada awak media, Ketua Yayasan Donactive Peduli Indonesia, Muhammad Afif Nashrullah menjelaskan, Donactive merupakan singkatan dari donasi dan aktif yang diartikan sebagai perkumpulan orang-orang yang aktif mengumpulkan bantuan maupun donasi. Terbentuk sejak satu ramadan dan sudah berbadan hukum.

“Bantuan yang kami himpun ini dari masyarakat yang kelebihan rezeki dan menyalurkan donasinya ke Donactive. Selanjutnya kami bagikan dalam bentuk sembako kepada masyarakat yang terdampak Corona. Alhamdulillah terkumpul sebanyak 218 paket sembako,” tutur Afif.

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (UHO) ini menambahkan, bantuan paket sembako kali ini menyasar tiga titik yakni Kelurahan Talia, Tondonggeu dan Mandonga. Relawan Donactive terlebih dahulu melakukan survei guna memastikan bantuan yang diberikan tepat sasaran.

“Jadi, sebelum turun membagikan sembako, para relawan melakukan survei melihat langsung kondisi masyarakat yang belum sama sekali tersentuh bantuan sosial. Kami bersyukur masyarakat antusias melihat kegiatan ini. Harapan kami kedepan Donactive bisa menjadi yayasan yang bisa dipecayai masyarakat untuk memberikan dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat,” ujar putra kedua mantan Wakil Wali Kota Kendari, Musaddar Mapasomba itu

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Notaris Indonesia Kota Kendari, Sudirman mengungkapkan, setiap ramadan pihaknya selalu mengadakan kegiatan sosial. Namun, sambung dia, untuk tahun ini pihaknya bersinergi dengan Donactive Peduli Indonesia.

“Donasi yang terkumpul kami salurkan ke Donactive. Kami yakin dan percaya Donactive memiliki data akurat saat mendata warga terdampak Covid,” ungkapnya.

Sementara itu, mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Lurah Talia, Arling Habir mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Donactive Peduli Indonesia bersama Ikatan Notaris Indonesia Kota Kendari yang berinisiasi membagikan paket sembako kepada warganya.

“Adanya Covid-19 tentu berdampak kepada masyarakat. Apalagi memang rata-rata masyarakat Talia bekerja sebagai nelayan. Mereka sudah tidak melaut karena social distancing. Alhamdulillah ini meringankan beban masyarakat,” terang Arling.

Katanya, belum lama ini, Pemkot Kendari di HUT Kota Kendari ke 189 telah menyalurkan bantuan 150 paket sembako di Kelurahan Talia.

“Bantuan juga ada dari Polres Kendari,” pungkasnya. (r6/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.