Hendak ke Konut? Wajib Rapid Test

172
Ruksamin

 

WANGGUDU – Bupati Konawe Utara (Konut), Dr. Ir. Ruksamin makin memperketat penjagaan di wilayah perbatasan, demi mencegah penyebaran Covid-19.

Jika sebelumnya pengunjung hanya dilakukan pemeriksaan suhu tubuh, batuk dan penelusuran riwayat perjalanan, kini bupati menegaskan, masyarakat harus dipastikan negatif Covid-19 berdasarkan hasil rapid tes.

“Bagi yang bukan masyarakat Konut, harus memperlihatkan surat keterangan hasil rapid tes Covid negatif yang dikeluarkan oleh kabupaten/kota masing-masing, berlaku tujuh hari, terhitung sejak dikeluarkannya surat keterangan dimaksud,” tegas Ruksamin saat dikonfirmasi Jumat (29/5/2020).

Sementara itu, bagi masyarakat Konut yang melintas akan diarahkan ke Puskesmas untuk pendataan, selanjutnya dilakukan rapid test Covid-19, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Konut.

Selain rapid test, seluruh pengunjung juga wajib mengisi formulir data riwayat perjalanan, termasuk memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), alamat, serta nomor telepon seluler.

Ketegasan bupati tak main-main. Ia memberitahukan ke seluruh bupati dan walikota se Sultra. Tak hanya itu, ia bahkan menyurat ke bupati Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) tentang wajibnya memperlihatkan surat keterangan negatif Covid-19.

“Mohon kiranya kepada seluruh bupati dan walikota, termasuk bupati Morowali untuk menyampaikan informasi ini ke masyarakat yang akan masuk atau melintas di Konut,” ucap Ruksamin. (p1/b/aji) 

Komentar Pembaca
   
.