Kasus Covid-19 Kolaka: 8 Tenaga Medis dan 5 Warga Reaktif Hasil Rapid Tes

308
Petugas medis penanganan Cavid-19 di Kabupaten Kolaka tengah bertugas.

KOLAKA, RakyatSultraOnline – Sedikitnya 13 orang warga Kabupaten Kolaka dinyatakan reaktif covid-19, setelah mereka menjalani tes cepat atau rapid test yang dilakukan di 14 Puskesmas di Kabupaten Kolaka.

Pemeriksaan Rapid Tes dilakukan sejak 4 hingga 9 Mei 2020 di 14 Puskesmas, hasilnya ditemukan 13 orang positif reaktif covid dari 6 Kecamatan yaitu 4 orang dari Kecamatan Kolaka, 4 (Pomalaa), 2 (Wundulako), 1 (Latambaga), 1 (Iwoimendaa), 1 (Samaturu).

Jubir Satgas Covid-19 Kolaka, dr. Muhammad Aris menjelaskan sampai Sabtu (9/5) total positif rapid test sebanyak 13 orang.

“Ada 13 orang yang reaktif rapid tes, dan sudah dilakukan pemeriksaan dan pengambilan test swab,” ungkapnya.

Mantan Kepala Puskesmas Wondulako ini menjelaskan ke 13 orang tersebut, kini sudah ditangani pihaknya. Dimana delapan orang diantaranya adalah perawat, dan 5 orang lainnya adalah masyarakat yang memiliki riwayat perjalanan dari Ijtima Ulama, Kota Makassar dan Kendari.

“8 orang perawat dan 5 orang lainnya masyarakat ada riwayat perjalanan dari Ijtima ulama, Kota kendari dan Makassar. Saat ini 13 orang tersebut menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing, dan dalam pengawasan tim satgas Covid-19 Kolaka,” jelasnya

Dijelaskannya, 4 orang yang berasal dari Kecamatan Kolaka masing masing beralamat di Kelurahan Laloeha, Lalomba, Sabilambo dan Kelurahan Sea.

Sedangkan untuk Kecamatan Pomalaa mereka berasal dari Desa Pelambua, Hukohuko, dan kelurahan Dawidawi. Dan dari Kecamatan Wondulako berasal dari Desa Unamendaa dan Towua.

Dari Kecamatan Iwoimendaa berasal dari Desa , dan dari Kecamatan Samaturu berasal dari Desa Konaweha.

“Saya juga imbau kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kolaka agar tetap waspada, dari hasil ini ada jejak penyebaran, kita namun masih mengunggu konfirmasi pemeriksaan Swab dari Labkes Makassar,” imbuhnya

Selanjutnya kata dr. Aris sapaannya, berdasarkan juknis dan petunjuk pencegahan Covid-19, ke 13 orang yang reaktif saat ini tengah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing, jika nantinya dinyatakan Positif dari hasil Swab, maka pihaknya akan melakukan di karantina.

“Jadi 13 orang masih isolasi mandiri di rumah masing-masing, jika hasil Swabnya positif baru akan kita karantina di tempat yang sudah disediakan, yakni di samping Rumah Sakit SMS Berjaya,” tutupnya. (rs)

Komentar Pembaca
   
.