Mensos Setujui Usulan Bupati Konsel Usulkan 17 Ribu KK Terima BST

118
Bupati Konsel Surunuddin (berdiri.)

ANDOOLO, RakyatSultraOnline— Setelah melalui proses verifikasi, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara akhirnya menyetujui usulan Pemerintah Daerah Konawe Selatan ( Pemda Konsel) terkait Program Bantuan Sosial Tunai (BST) yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dikutip dari rilis Kementerian Sosial (Kemensos) Juliari menjelaskan, bantuan yang diberikan pemerintah ini merupakan wujud negara hadir di masyarakat. Untuk itu, setiap warga yang sudah terverifikasi terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu per keluarga per bulan.

Pemda Konsel pun bisa mengucap syukur dengan beban yang berkurang ditengah Pandemi Covid-19. ” Yang kita usulkan, Alhamdulillah disetujui Pak Menteri,” kata Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga di kantornya, Jumat ( 8/5/2020).

Bupati Surunuddin mengatakan sekitar 17 ribu Kepala Keluarga (KK) warga Konsel akan menerima Bantuan Sosial Tunai (BST)  dari Kemensos. Bantuan tersebut merupakan bagian dari program jaring pengaman sosial sesuai dengan Keputusan Menteri Sosial Nomor 54/HUK/2020 tentang Pelaksanaan Bantuan Sosial Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Dalam Penanganan Dampak Covid-19.

Berita terkait

Surunuddin menyebutkan pihaknya sisa menunggu data clean hasil Verifikasi Kemensos terkait data warga Konsel yang menerima sesuai dengan data yang telah diajukan dalam DTKS ” Penyalurannya itu langsung, lewat kantor Pos juga Himpunan Bank Negara yang ada,” ungkapnya.

BST tersebut lanjut orang nomor satu di Konsel  ini diperuntukkan kepada masyarakat yang bukan termasuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH), BLT Dana Desa, kartu sembako, dan program-program bantuan lainnya.

Untuk Konsel, sambung mantan ketua DPRD Konsel ini penerima PKH berkisar 14 ribu. Masih sekitar 19 ribuan KK yang sesuai data belum tersentuh bantuan padahal dinilai terdampak Pandemi ini. Dengan disetujuinya usulan  tersebut, Surunuddin merasa hal tersebut membawa efek positif yang sangat besar ditengah keterbatasan Pemda saat ini.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Sosial Konsel, Surdin menyebutkan data yang telah diterima pihaknya dari kemensos totalnya 16.192 KK dengan rincian penyaluran BST oleh PT. pos 14.878 KK, bank BRI 1.144 KK, bank BNI 169 KK. ” Sisa sekitar 1000 KK yang masih kami tunggu prosesnya oleh Kemensos. Segera kita akan kirim data ini ke Kecamatan supaya disampaikan warganya masing-masing,” jelasnya saat dihubungi terpisah.

Sementara itu, ditempat berbeda yakni di Kantor Camat Basala, Bupati didampingi Wakil Bupati H Arsalim kembali turun lapangan untuk menyerahkan secara simbolis 952 paket Sembako untuk warga 7 Desa di Basala. Turut serta dalam kegiatan tersebut anggota DPRD Konsel Hj Haslinda dan Ardin serta sejumlah kepala OPD Konsel. (rs)

Komentar Pembaca
   
.