Menuju Era Normal, BRI Siapkan Skema Baru saat Transaksi

Cetak Mutasi Rekening hingga Tarik Tunai di ATM Tanpa Kartu Debit

365
H. Edy Muthalib

 

KENDARI – BRI Kantor Cabang Samratulangi Kendari pun turut mendukung imbauan the new normal yang di gencarkan oleh pemerintah.

BRI siap menyambut program itu dengan melakukan penerapan skenario langkah antisipatif pemantauan dan penanganan di lingkungan kerja dan bisnis.

BRI Kantor Cabang Samratulangi Kendari secara keseluruhan telah melakukan sejak pertama kali wabah covid-19 muncul di Indonesia.

Bank plat merah itu juga mempercepat revolusi layanan menuju digitalisasi perbankan, guna mendukung situasi the new normal. Selama ini, bank BUMN tersebut memang telah berinisiatif mendigitalkan seluruh proses bisnisnya

Pemimpin BRI Kantor Cabang Samratulangi Kendari, H. Edy Muthalib mengatakan, konsep layanan digital perbankan bukanlah hal yang baru di BRI. Dia memastikan bahwa masyarakat kini semakin mudah dan nyaman bertransaksi di perbankan tanpa harus datang ke kantor BRI secara langsung. Saat ini semua layanan perbankan BRI bisa diakses dengan mudah dengan Aplikasi BRI Mobile (BRIMO) yang di luncurkan pada Juni 2019 lalu.

Transaksi di BRI mencakup banyak hal seperti pembukaan rekening simpanan bisa lewat Brimo, layanan contact center bisa diakses di gadget melalui SABRINA, dan pengajuan pinjaman digital juga sudah bisa dilakukan melalui aplikasi CERIA serta penyetoran dan penarikan uang tunai bisa lakukan di Agen BRILink terdekat.

Edy menjelaskan, sejatinya jauh sebelum ada pandemi covid-19, preferensi masyarakat sudah mulai bergeser dari transaksi konvensional beralih ke digital melalui aplikasi Brimo.

Katanya, Brimo merupakan aplikasi yang menggabungkan fungsi mobile banking, internet banking, dan uang elektronik atau t-bank ke dalam satu aplikasi dengan menu transaksi yang lebih lengkap dan menarik.

“Sejak pertama kali virus corona menyebar di Indonesia pada awal Maret, Kami sudah gencar mengimbau masyarakat menggunakan layanan Brimo agar aman, mudah, dan nyaman dalam bertransaksi. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan perbankan melalui Agen BRILink terdekat dari tempat tinggalnya masing–masing,” katanya, saat di hubungi Via Phone, Sabtu (30/5/2020)

Lanjut dia, jauh sebelum covid 19 mewabah di indonesia. Aplikasi Brimo memungkinkan penggunanya melakukan tarik tunai tanpa kartu yang bisa mengakses pada homescreen. Nasabah pun akan diminta untuk memilih sumber dana dan nominal uang yang akan ditarik di ATM. Lalu nasabah akan mendapatkan kode unik untuk diinput di ATM. Masukan nomor telepon dan uang siap keluar dari mesin ATM.

“Selain tarik tunai tanpa kartu, nasabah juga akan dimanjakan dengan beragam fitur lainnya seperti melihat mutasi rekening hingga satu tahun terakhir. Datanya pun bisa disimpan dalam bentuk PDF dan langsung dibagikan melalui media sosial. Kemudahan yang disediakan oleh BRI, tentu kami harapkan juga memberikan manfaat kepada masyarakat yang juga tengah beradaptasi dengan kondisi new normal dalam segala aspek kehidupan,” ucapnya.

Selama pandemi covid 19 , sejumlah protokol pencegahan penyebaran Covid-19 yang sudah diterapkan oleh BRI Kantor Cabang Samratulangi Kendari. Di antaranya mewajibkan penggunaan masker, penyiapan hand sanitizer, pemeriksaan suhu tubuh dan pengaturan jarak minimum (physical distancing) bagi para pekerja.

Bank BUMN itu juga telah melakukan penyesuaian operasional layanan bank. Seperti mewajibkan penggunaan masker dan sarung tangan oleh petugas di frontliner serta memasang sekat pembatas dari kaca di meja teller dan customer service.

Selain itu , BRI Kantor Cabang Samratulangi Kendari telah menerapkan kebijakan serupa terhadap layanan branchless banking Agen BRILink di Sultra

“Kami berkomitmen akan terus menciptakan inisiatif baru dengan mengutamakan keselamatan dan kesehatan pekerja serta nasabahnya,” kata Edy. (p2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.