Pemilik KM Aksar Putra 08 Bakal Ganti Kerugian Kecelakaan di Raha

86
Gapura dermaga pelabuhan Raha hancur akibat hantaman kapal KM Aksar Putra 08.

 

RAHA- Pihak perusahaan pelayaran KM Aksar Saputra 08 mengaku akan mengganti seluruh biaya kerugian yang diakibatkan kecelakaan di dermaga pelabuhan Raha, Kamis (28/5/2020) dini hari.

“Pihak perusahaan pelayaran akan mengganti seluruh total kerugian yang ditimbulkan. Insyaallah gapuranya secepatnya akan dikerja,” kata Plh Kepala Syahbandar Pelabihan Nusantara Raha, La Ode Zamaluddin.

Peristiwa naas menimpa Kapal Motor (KM) Aksar Saputra 08 saat hendak berlabuh di dermaga Nusantara Raha pukul 04.20 Wita, Kamis (28/5). Kapal yang memuat 80 penumpang dari Pelabuhan Nusantara Kendari ini tiba-tiba handle belakangnya tak berfungsi saat akan merapat di dermaga Nusantara Raha.

Akibatnya, haluan depan kapal menabrak dermaga dan gapura masuk dermaga hingga rata tanah.
La Ode Zamaluddin mengungkapkan, tak ada korban jiwa dalam peristiwa naas tersebut, kondisi kapal juga dalam keadaan baik tanpa ada kerusakan yang berarti.

“Tak ada korban jiwa, hanya kerugian materil berupa gapura. Nilainya kami belum bisa taksir,”kata Zamaluddin.

Pascakejadian, pihaknya langsung menginterogasi nahkoda KM Aksar Saputra 08, Jasrian dan sejumlah petugas KM Aksar Saputra 08.

“Kita sudah lakukan pemeriksaan dan BAP. Kami juga mengkroscek kondisi kapal dan mesinnya normal. Hanya saja saat peristiwa itu terjadi, handle belakangnya tak berfungsi sehingga kapal tidak bisa atrek dan haluan depan kapal menghantam dermaga. Saat itu kondisi air juga lagi pasang,” terangnya.

Saat ini kata Zamaluddin, handle belakang KM Aksar Saputra 08 telah diperbaiki dan normal kembali. Pihaknya bersama Pol Air, dan KP3 juga telah melakukan uji olah gerak kapal, Kamis siang untuk memastikan layak tidaknya KM Aksar Saputra 08 melanjutkan pelayaran kembali ke Pelabuhan Nusantara Kendari pada Kamis malam (28/5/2020).

“Kita sudah menyaksikan olah gerak kapal siang tadi, dan kami berkesimpulan, kapal KM Aksar Saputra 08 laik berlayar kembali,”tegasnya. (sra/aji)

Komentar Pembaca
   
.