Realisasi Bantuan Kube di Mubar, Tunggu Sinyal Kemensos

192

 

La Ode Takari

LAWORO – Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Kabupaten Muna Barat (Mubar) hingga kini belum ada titik terang. Dinas Sosial (Dinsos) pun belum bisa memastikan, waktu pelaksanaan realisasi bantuan modal usaha itu. Kabarnya, Instansi pimpinan La Ode Takari ini, masih menunggu sinyal dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Argumentasi tersebut, disampaikan langsung Kadinsos Mubar, La Ode Takari. Kata dia, pendistribusian bantuan pemerintah pusat sampai sekarang belum ada kabar.

“Memang, adanya virus Corona ini, membuat sejumlah program tak kunjung ada. Kita menunggu saja dari kementerian. Biar bagaimana pun kita menunggu saja. Karena, semua pengajuan proposal sudah kita lakukan,” kata Kadinsos Mubar, La Ode Takari, saat dijumpai, Kamis (28/5/2020).

Untuk tahun ini, lanjut Takari, ada 80 kelompok yang diajukan untuk mendapatkan bantuan pusat. Hanya saja, itu dipusatkan di dua kecamatan saja. Diantaranya, kecamatan Maginti dan Tiworo Selatan. Tentunya, dua wilayah sebagai pusat pendistribusian bantuan, sudah mendapatkan persetujuan.

“Sudah diverifikasi kelompok-kelompok yang dapat. Hanya kan belum ada kepastian, kapan terealisasinya. Tapi, untuk Muna Barat itu sudah fix dapat,” terangnya.

Sementara yang akan dibantu nanti, kata pria ramah ini, sesuai dengan jenis usaha yang dikelola. Baik itu perbengkelan pertukangan bahkan sampai pada cetak batu bata merah.

“Kita berharap, kalau bantuan ini cepat turun, bisa merubah pola hidup mereka dengan mengelolanya sebaik-baiknya. Apalagi, modal usaha diberikan sesuai dengan bidang masing-masing,” pungkasnya. (m1/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.