Siap-Siap, Polisi Tak Akan Biarkan Warga yang Nekat Mudik

64
Kombes Pol Faizal

 

KENDARI – Anda berencana mudik lebaran tahun ini. Sebaiknya urungkan saja niat itu. Polisi bakal mengawasi ketat. Jika kedapatan, anda tak Akan dibiarkan lolos. Atau malah disuruh putar kembali.

Soal kebijakan berupa sanksi denda maupun pidana bagi pemudik per tanggal 8 Mei 2020 hingga H+7 lebaran kemungkinan tak diterapkan.

Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra, Kombes Pol Faizal, Selasa (12/5/2020) mengatakan, sesuai arahan Korlantas Polri, pihaknya tetap melakukan langkah persuasif kepada para pemudik.

“Sejauh ini, sanksi denda kita belum laksanakan, tapi ke depan kemungkinan kita laksanakan,” kata Faizal.

Sebelumnya, para pemudik yang nekat mudik akan dikenai sanksi denda maupun pidana mulai 8 Mei. Sanksi itu berdasarkan pasal 6 permenhub 25/2020 mengacu UU Nomor 6 tahun 2018 tetantang kekarantinaan kesehatan. Namun, langkah ini kemungkinan tak akan dilaksanakan.

Faizal bilang, Ditlantas Polda Sultra berencana akan melakukan sidak gabungan ke Perusahaan Otobus (PO) yang ada di Sultra untuk memastikan penerapan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah agar tidak mudik demi mencegah covid-19

“Dalam waktu dekat, Polda Sultra bersama instansi terkait akan melakukan sidak ke Perusahaan Otobus (PO) untuk memastikan tidak ada warga yang mudik,” tegasnya.

Sementara itu , untuk mengamankan lalu lintas lebaran, Dirlantas Polda Sultra menyediakan 35 pos pengamanan, 8 pos pleayanan dan 24 pos pelayanan terpadu. (p2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.