Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara Gencar Lakukan Penyuluhan Keliling

198
Dinkes Sultra melakukan penyuluhan keliling tentang pencegahan covid-19

 

KENDARI – Serangkaian Kegiatan Pencegahan covid-19 dan persiapan pelaksanaan new normal gencar dilakukan oleh Dinas Kesehatan Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan melakukan penyuluhan keliling bersama lintas sektor (kecamatan, polsek, dan koramil) dengan menyasar masyarakat umum, Minggu (31/5/2020).

Melalui penyuluhan keliling covid-19 ini Tim Dinas Kesehatan Sultra mengimbau masyarakat untuk mencegah penyebaran dan penularan virus corona melalui pola hidup sehat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan berbagai upaya dalam rangka memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Bumi Anoa.

Instansi yang dipimpin dr. H. Muhammad Ridwan, M.Si ini sedang gencar-gencarnya melakukan edukasi atau penyuluhan keliling untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan virus Corona.

Penyuluhan itu dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan disinfeksi atau penyemprotan desinfektan ke rumah-rumah warga serta pengukuran suhu tubuh.

Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Sultra Andi Sultan Bakri.

 

Kegiatan ini dikomandoi oleh Kepala Seksi (Kasi) Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Sultra Andi Sultan Bakri, melibatkan berbagai unsur diantaranya Kepolisian dan TNI dan semuanya terhimpun dalam gugus tugas Covid-19 bidang kesehatan.

Berita terkait

“Kegiatan tersebut sudah dilaksanakan sejak sebulan lebih, namun pekan ini makin diintensifkan tiga kali dalam sehari,” ungkap Andi Sultan Bakri.

Selain rumah rumah warga, operasi tersebut juga menyasar tempat tempat umum seperti pusat perbelanjaan yakni mal dan lapangan olahraga futsal.

Polsek, Koramil dan Kecamatan ikut terlibat dalam penyuluhan pencegahan covid-19.

 

“Jadi dalam kegiatan ini masyarakat diedukasi agar menerapkan sosial distancing atau menjaga jarak, memakai masker, sering mencuci tangan pakai sabun, dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar Covid-19 ini bisa dicegah,” jelasnya.

Dia bilang, persiapan pelaksanaan new normal masih tertunda jika kasus terkonfirmasi positif covid 19 kurvanya masih menanjak, maka diperlukan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk mencegah covid 19 dengan cara “wajib memakai masker, cuci tangan dgn sabun di air mengalir, jaga jarak” ucapnya

Lanjut dia katakan bahwa melalui penyuluhan keliling, via medsos, media cetak dan elektronik secara masif akan terus dilakukan oleh gugus tugas covid -19 secara berjenjang..

Hasil kegiatan ini sudah berjalan dengan lancar, semoga dapat menyadarkan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan memutuskan tali rantai penyebaran virus corona atau covid-19. (p2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.