DPKBP3A Konkep Rayakan Harganas dengan Layanan KB Gratis

82
Dra Hj Nurul Hidayati dan rombongan saat memantau kegiatan pelayanan KB Gratis di Desa Mata Buranga Kecamatan Wawonii Utara, Senin (29/6/2020). ABD KARIM/Rakyat Sultra.

 

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus berupaya menjamin kesejahteraan masyarakatnya karena itu Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKBP3A) melakukan pelayanan KB Gratis.

Pelayanan KB Gratis yang dilakukan di Kecamatan Wawonii Utara itu bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke 27 yang jatuh pada hari Senin 29 Juni 2020.

Dalam Sambutanya Kepala Dinas DPKBP3A Dra Hj Nurul Hidayati mengatakan pelaksanaan Harganas ke-27 tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya karena Harganas hari ini dilaksanakan di saat pandemi wabah covid 19. Karena itu ia mengajak dalam setiap kegiatan mengikuti protokol covid 19.

“Kegiatan Harganas bertujuan mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan Negara,” jelasnya.

Keluarga sambungnya akan selalu menghidupkan, memelihara dan memantapkan serta mengarahkan kekuatan sebagai perisai dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Dan keluarga sekaligus sebagai wadah utama dalam membentuk karakter anak-anak.

“Harganas ke-27 tahun 2020 adalah upaya meningkatkan komitmen sinergitas dan harmonisasi kebijakan dan program kerja pemerintah pusat pemda serta mitra kerja dalam rangka meningkatkan sasaran capaian keluarga berencana maka salah satu kegiatan Harganas ini akan dilakukan pelayanan KB serentak di seluruh wilayah republik Indonesia dengan target 1 juta akseptor,” katanya.

Tak hanya itu kata Ketua Tim Penggerak PKK Konkep itu Dinas PKBP3A tidak hanya berupaya menekan laju penduduk dengan mengatur jarak kelahiran, tetapi juga berupaya meningkatkan kesejahteraan melalui peningkatan kualitas kehidupan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan cita-cita dan visi misi pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan yakni mewujudkan lintas pembangunan kawasan berbasis rantai ekonomi masyarakat dengan upaya membebaskan masyarakat dari belenggu keterbelakangan sosial budaya dan sosial ekonomi melalui pembangunan di seluruh sektor yang salah satunya adalah pembangunan keluarga.

Hal ini tentu saja akan tercapai dengan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak terkait. Termasuk masyarakat Konkep,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.