Gandeng DPKBP3A PKK Konkep Salurkan Masker Tenun Khas Wawonii

114
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Konkep Inggit Gernasih yang didampingi Sekretaris DPKBP3A serta pihak Kepolisian saat mendistribusikan bantuan masker di Kelurahan Lampeapi Kecamatan Wawonii Tengah, Kamis (18/6/2020). Foto: Karim/Rakyat Sultra

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus melakukan pencegahan prepentif penularan wabah corona virus disease atau covid-19 di daerah itu. Tak tanggung-tanggung tim Penggerak Pemberdayaan Kesehatan Keluarga (PKK) pun dikerahkan.

Karena itu Tim Penggerak PKK Konkep menggandeng Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKBP3A) untuk membagikan ribuan masker di tujuh Kecamatan se-Konkep.

Ketua Tim Penggerak PKK Konkep Dra Hj Nurul Hidayati dalam sambutanya yang disampaikan Wakilnya Inggit Gernasih, Kamis (18/6/2020) di balai Kelurahan Lampeapi mengatakan sejak merebaknya pandemi covid-19 di Indonesia mengharuskan setiap orang melaksanakan beberapa langkah terkait dengan pemutusan mata rantai penyebaran virus yang mematikan itu, salah satunya adalah menggunakan masker.

“Untuk mempertahankan Kabupaten Konawe Kepulauan agar tetap berada pada zona hijau maka tugas kita bersama untuk menjaganya, dengan menahan diri untuk tidak keluar daerah jika tidak penting serta mematuhi protokol kesehatan,” jelasnya.

Berita terkait

Anjuran pemerintah untuk tetap di rumah lanjutnya bukan berarti tidak memiliki aktifitas tetapi justru banyak kegiatan yang bisa dilakukan dilakukan di rumah. Untuk tim penggerak PKK katanya bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan menanam toga, sayur-sayuran apalagi di saat musim hujan seperti sekarang ini.

“Kain masker yang digunakan berbahan dasar tenunan khas Wawonii selain sebagai pelindung diri juga sekaligus sebagai promosi produk lokal yang dibuat oleh masyarakat Konkep sendiri,” katanya.

Hal ini dilakukan kata Ibu Wakil Bupati Konkep itu, sebagai upaya memberdayakan para penjahit lokal di tujuh Kecamatan sehigga roda perekonomian berputar di Konkep.

“Allhamdulillah masker yang terkumpul dari 65 orang penjahit lokal masing-masing mencetak 150 lembar yang tersebar di tujuh Kecamatan telah terkumpul sebanyak 9.750 lembar, selanjutnya akan disalurkan kepada warga yang kurang mampu dan banyak beraktifitas di luar rumah,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
.