Jalur Raha-Lakapera Dianggarkan 2021

57
Laode Tariala

 

KENDARI – Sorotan warga yang menginginkan jalan provinsi Raha-Lakapera segera teraspal ditanggapi Anggota Komisi III DPRD Sultra, La Ode Tariala. Politikus Partai NasDem ini mengaku kalau dana pengaspalan jalur tersebut baru bisa dianggarkan pada 2021. Karena itu, dia meminta kepada masyarakat untuk bersabar.

Menurutnya pengaspalan jalur Raha-Lakapera sempat dianggarkan dalam APBD 2020 sebanyak Rp 10 miliar. Dan pihak kontraktor pun mampu menawar hingga Rp 8,8 miliar. Sayangnya, adanya Covid-19 membuat anggaran pengaspalan jalan itu sempat ditarik untuk menangani pandemi virus Corona atau Covid-19. Namun gubernur sendiri sudah mengembalikan dana tersebut dan saat ini sebagian jalur Raha-Lakapera sudah dikerjakan.

Sebagai anggota dewan, pihaknya akan tetap memperjuangkan anggaran pengaspalan jalan Raha-Lakapera. Hanya ia berharap penganggaran tersebut mengikuti mekanisme aturan yang ada. Menurutnya pembahasan anggaran hanya dua kali dilakukan yakni untuk APBD induk dan APBD perubahan.

“Sekarang masyarakat menuntut anggarannya diperjuangkan di APBD perubahan 2020. Kita harus paham, semua anggaran di perubahan APBD nanti akan dialokasikan untuk Covid-19. Makanya kita akan usahakan dalam APBD 2021” ulasnya.

Meski berjanji akan mengupayakan anggaran pengaspalan jalan Raha-Lakapera pada APBD 2021, namun pihaknya akan berupaya untuk bisa memasukkan anggarannya dalam perubahan APBD 2020 manakala kondisi sudah new normal dan masih ada sisa anggaran di dinas dinas.

“Tapi kalau semua anggaran sudah tidak ada, maka terpaksa dianggarkan dalam APBD 2021,” ungkapnya.

Sambil menunggu penganggaran pada 2021, pihaknya meminta dinas terkait untuk memberikan data base mengenai jalan provinsi yang perlu penanganan serius termasuk jalur Raha -Lakapera. Hal ini penting untuk mengetahui jalan jalan yang membutuhkan penanganan. (rir/aji)

Komentar Pembaca
   
.