Jelang Jadwal Verifikasi Faktual KPU Konkep Bekali PPS

66
Suasana Bimtek PPS di Kecamatan Wawonii Barat. Foto: Karim/Rakyat Sultra

LANGARA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) segera terlaksana 9 Desember 2020 mendatang karena itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Konkep mempertajam pemahaman kepemiluan bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tujuh Kecamatan.

Ketua KPU Konkep Iskandar dalam sambutannya, Selasa (23/6) di Balai Desa Lamoluo, Kecamatan Wawonii Barat mengatakan, bimtek PPS di Kecamatan Wawonii Barat ini merupakan bimbingan terakhir setelah menyelesaikan bimtek di enam kecamatan lainnya yang dimulai sejak 19 Juni 2020.

“Bimtek ini adalah bimbingan terakhir setelah dilaksanakan bimbingan teknis di masing-masing kecamatan. Kita sengaja menghadirkan secara langsung Kordiv Teknis KPU Provinsi,” jelasnya.

Hal ini dilakukan sebagai langkah awal sekaligus menjelang pelaksanaan verifikasi faktual bakal calon perseorangan yang dijadwalkan selama 19 hari, dimulai sejak tanggal 24 Juni hingga 12 Juli.

“Meski seperti itu kita berharap teman-teman yang melakukan verifikasi faktual tetap mengikuti protokol kesehatan,” pintanya.

Di tempat yang sama, Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Sultra Iwan Rompo Banne dalam pemaparannya mengatakan. Ada beberapa materi pokok yang wajib dilaksanakan saat verifikasi faktual di antaranya, tatacara verifikasi faktual calon perseorangan, tatacara pengisian berita acara dan mematuhi protokol kesehatan.

“Tujuannya kita bekali PPS ini supaya mereka benar-benar siap melakukan verifikasi faktual dengan mematuhi penanganan pencegahan covid-19,” tutupnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.