Naik Sampan, Wabup Konawe Pantau Warga Korban Banjir

74

 

 

Wabup Konawe, Gusli Topan Sabara, naik sampan keliling pantau warga korban banjir di Desa Waworaha, Kecamatan Lambuya.

 

UNAAHA – Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara meninjau langsung kondisi dan dampak banjir akibat intensitas hujan cukup tinggi yang menyebabkan meluapnya sungai Konaweha di Desa Waworaha Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (24/6/2020).

Bahkan Gusli meluangkan waktu untuk naik sampan milik warga untuk melihat dari dekat banjir yang menggenangi rumah warga dengan ketinggian air kurang lebih dua meter.

Di sana, Gusli juga berbincang-bincang dengan kepala desa dan warga setempat. Dia mengimbau untuk tetap berhati-hati dan sabar dalam menghadapi kondisi tersebut.

Dalam kegiatan misi kemanusiaan itu, Wabup Konawe ini dampingi oleh tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe dan Ketua Pasukan Brigade 08 Konawe, Sunandar Makati.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini berharap kepada seluruh masyarakat Konawe khususnya daerah yang rawan banjir disarankan untuk membuat rumah panggung agar apabila banjir hanya mencapai 50 cm sampai satu meter warga tidak perlu lagi dievakuasi.

Gusli menuturkan, pemerintah akan mengutamakan bantuan kesehatan melalui puskesmas Lambuya untuk terus memantau dan memeriksa seluruh warga Waworaha.

“Saya berharap kepada warga Waworaha agar selalu sabar dan berdoa, semoga banjir ini segara berakhir,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Waworaha, Karman mengungkapkan bahwa saat ini penduduk Desa Waworaha sebanyak 147 Kepala Keluarga (KK) atau 488 jiwa, warga yang terkena dampak dari banjir ini berjumlah 74 KK atau 143 jiwa.

Banjir yang telah terjadi selama kurang lebih tiga bulan itu, memberikan dampak bagi warga Desa Waworaha, terlebih lagi masyarakat desa tersebut mayoritas petani.

“Sekitar 600 hektar kebun milik petani yang rusak parah akibat banjir, sehingga petani di Desa Waworaha sangat kesulitan akan kebutuhan hidup mereka, serta akses menuju desa tersebut sangat sulit dijangkau akibat debit air yang tinggi,” ungkapnya.

Untuk diketahui, jumlah bantuan yang diberikan secara simbolis kepada Kepala Desa Waworaha Berjumlah 74 paket sembako. Bantuan tersebut berasal dari PT. VDNI dan PT. OSS yang diserahkan kepada Pemda Konawe dan akan disalurkan ke 135 desa di Konawe. (cr2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.