Sensus Penduduk Daring, Muna dan Mubar Lampaui Target

34

 

Kepala BPS Muna, Ir Kadir Pua dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020.

RAHA-Partisipasi penduduk untuk mengikuti Sensus Penduduk (SP) secara daring (online) cukup baik, termasuk SP online di wilayah kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Muna yang meliputi Kabupaten Muna dan Muna Barat (Mubar).

Kepala BPS Muna, Ir Kadir Pua mengungkapkan, SP online di Muna dan Muna Barat, melampaui target yang ditetapkan. Dari 56.390 kepala keluarga (KK) yang ada di Muna, ada 7.946 KK yang berhasil melakukan SP Online atau mencapai 14.09 persen. Kemudian untuk Muna Barat (Mubar), ada 4.046 KK yang berhasil melakukan SP online dari 21.234 KK.

“Untuk Muna, target SP online berjumlah 7.230 KK yang tercapai 7.946 KK. Kemudian Muna Barat target kami 3.695 KK yang tercapai 4.046 “sebutnya.

Kadir menjelaskan, salah satu kendala dalam kegiatan SP online ini adalah jaringan internet yang belum menjangkau seluruh wilayah Muna dan Muna Barat. SP online ini kata Kadir, mulai dilaksanakan pada 15 Februari dan berakhir Mei 2020.

Selain melakukan SP online, BPS juga akan melakukan sensus melalui metode wawancara langsung dengan sistim Drop Out Pick Up (DOPU), di mana kepala RT atau kepala dusun bersama mitra BPS akan membagikan kuisioner berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden (penduduk).

“Kendati kita melampaui target di SP online, tapi jumlah penduduk dan KK yang belum disensus cukup besar. Untuk Muna masih tersisa 86 persen dan Muna Barat 82 persen. Jadi jumlah inilah yang akan kita tuntaskan melalui SP wawancara menggunakan teknik DOPU ini,” ucap Kadir.

Lanjutnya, sedianya SP wawancara ini dilaksanakan pada bulan Juli, namun karena adanya wabah pandemi Covid-19, maka SP ini diundur hingga September 2020 mendatang. Dalam kegiatan ini, petugas BPS Muna akan meningkatkan pengawasan dalam proses pendataan dan pengisian quisioner untuk menjamin kualitas data, sebab pengetahuan masyarakat soal konsep kependudukan masih minim. (sra/aji)

Komentar Pembaca
   
.