1.040 Mahasiswa Terima Beasiswa Cerdas Wawoniiku

298
Drs Muh Yani

 

LANGARA – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus mendongkrak Sumber Daya Manusia (SDM) di daerahnya melalui program Beasiswa Cerdas Wawoniiku. Tak tanggung-tanggung daerah yang dipimpin Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM itu menggelontorkan anggaran puluhan miliar sejak tahun 2016.

Sementara untuk tahun ini, anggaran yang disiapkan totalnya mencapai Rp6,5 Miliar rupiah. Yang dibagi menjadi dua tahap penyaluran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep Drs Muh Yani saat dikonfirmasi via selular Kamis (2/7/2020) mengatakan, ada penambahan anggaran di tahun ini sebesar Rp500 juta dari Rp6 Miliar tahun 2019 menjadi Rp6,5 tahun ini. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pendaftar.

“Untuk tahap satu yang kita siapkan sebesar empat miliar rupiah ini dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pendaftar. Makanya agak besar nilainya ketimbang tahap dua,” jelasnya.

Penyaluran tahap satu lanjut Muh Yani, yang bersyarat menerima beasiswa ini sebanyak 1.040 mahasiswa sedangkan tiga ratus lebih mahasiswa dinyatakan belum bersyarat karena kelengkapan berkasnya belum dipenuhi mahasiswa yang bersangkutan.

“Kita ajukan permintaanya itu sejak tanggal 25 Juni 2020 tapi karena bermasalah Simda nanti tanggal 1 Juli 2020 baru disalurkan ke rekening masing-masing mahasiswa,” bebernya.

Bagi mahasiswa yang dinyatakan belum bersyarat menerima beasiswa kata mantan Kasek SMA 1 Wawonii Tengah itu, diberikan keringanan untuk melengkapi berkas sampai 12 Juli 2020.

“Jadi yang belum menerima tahap satu ini jangan berkecil hati karena diberikan keringanan untuk melengkapi berkas selama dua minggu. Kenapa tidak bersamaan penyalurannya dengan mahasiswa yang melakukan perbaikan data karena jangan sampai terlambat pembayaran SPP mahasiswa yang sudah valid datanya. Makanya Pak Bupati perintahkan untuk melakukan pembayaran yang sudah valid datanya kemudian menyusul masa perbaikan,” katanya.

Yani bilang, jika misalnya sudah diberikan waktu untuk melengkapi berkas tetapi tidak melengkapi sampai batas yang ditentukan, maka sambung sudah bisa dipastikan bahwa yang bersangkutan tidak memenuhi syarat.

“Takutnya kita jangan sampai kita bayarkan tetapi mereka tidak bersyarat. Karena dokumen yang kita minta itu tidak mampu mereka tunjukan,” tandasnya. (r2/b/aji)

Komentar Pembaca
   
.